Empat Asrama Diklat Disulap jadi Lokasi Karantina Pasien ODP dan PDP Covid19

Minggu, 29 Maret 2020, 16:41 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Empat Asrama Diklat Disulap jadi Lokasi Karantina Pasien ODP dan PDP Covid19
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno bersama sejumlah staf, meninjau rencana lokasi ruang isolasi untuk warga yang berstatus Orang Dalam Pantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pantauan (PDP) virus corona (Covid19), Ahad (29/3/2020). (humas)

VALORAnews - Pemprov Sumbar menyiapkan ratusan kamar, untuk isolasi warga berstatus Orang Dalam Pantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pantauan (PDP) virus corona (Covid19). Ruang isolasi ini disiapkan, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk penyebaran Covid19 di Sumatera Barat.

"Semua kita lakukan, untuk antisipasi kemungkinan terburuk penyebaran Covid19 di Sumbar," ujar Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dalam siaran pers yang diterima usai meninjau rencana lokasi ruang ratusan ruangan isolasi, Ahad (29/3/2020).

Lokasi isolasi yang disiapkan itu yakni Asrama Diklat BPSMD Sumbar di Padang, Gedung UPTD Balai Pelatihan dan Penyuluhan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Sumbar di Padang, Gedung Balai Besar Diklat Kesejahteraan Sosial Regional I Sumatera di Padang dan Gedung UPTD Balaikop Dinas Koperasi UMKM Sumbar di Padang.

"Ratusan ruang isolasi ini dikhususkan untuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP)," tambahnya.

Baca juga: Tarhib Ramadhan Bersama Forum Silaturahim Majelis Taklim, Nevi: Jaga Keikhlasan Siang dan Malam

Sementara, untuk pasien yang sudah positif corona, langsung diserahkan pada rumah sakit rujukan yaitu RSUP M Djamil Padang dan RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi.

"Dalam isolasi tersebut, jika pasien dinyatakan negatif, maka dalam tempo dua atau tiga hari pasien sudah diperbolehkan pulang," terangnya.

"Kalau ternyata positif corona, maka kita langsung kirim ke rumah sakit rujukan, seperti M Djamil dan Achmad Mochtar. Ini semua untuk menjamin, bahwa pasien yang positif corona akan terlayani dengan baik," tambah dia. (kyo)

Baca juga: Gubernur Sumbar Sampaikan Terimakasih untuk Irdinansyah Tarmizi: Zuldafri Darma Dilantik jadi Bupati Tanahdatar

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: