Unand Buka Kelas Kiat Menembus Jurnal Terindeks Scopus

Selasa, 10 Maret 2020, 16:33 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Unand Buka Kelas Kiat Menembus Jurnal Terindeks Scopus
Seminar Sehari Kiat Publikasi Artikel Ilmiah Terindeks Scopus, diikuti ratusan dosen dan mahasiswa pascasarjana Unand, Selasa (10/3/2020) di Gedung Convention Hall (CH) Unand Kampus Limau Manis, Padang. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Sedikitnya, 400 orang dosen dan mahasiswa pascasarjana Universitas Andalas, ikuti Seminar Sehari Kiat Publikasi Artikel Ilmiah Terindeks Scopus, Selasa (10/3/2020) di Gedung Convention Hall (CH) Unand Kampus Limau Manis, Padang.

Wakil Rektor I Unand, Prof Mansyurdin berpesan, semua kebutuhan para dosen khususnya dosen muda dan para mahasiswa pascasarjana, akan difasilitasi melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dalam publikasi artikel ilmiah terindeks scopus, khusus Q1 dan Q2, bukan lagi Q3 dan seterusnya.

"Fasilitasi itu untuk mewujudkan merdeka belajar, agar tidak ada lagi kesan bahwa masuk Unand itu mudah namun keluarnya susah," ungkap Prof Mansyurdin saat membuka seminar yang berlangsung sehari penuh itu.

Dia juga berterima kasih, atas inisiasi acara yang diinisiasi LPPM dengan Majelis Dosen Muda (MDM) Unand itu. Karena, kegiatan ini akan menunjang kinerja penelitian, pengabdian pada masyarakat dan inovasi Universitas Andalas 2020.

Baca juga: Gubernur Sumbar Ucapkan Terima Kasih Atas Semangat Kerelawanan yang Ditumbuhkan PMI

Seminar ini menghadirkan narasumber Prof Dian Fiantis, seorang Profesor Ilmu Tanah pakar Morfologi dan Klasifikasi Tanah di Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Unand yang juga narasumber di Kementerian Riset Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Selain produktif dalam mempublikasikan artikel ilmiah di jurnal terindeks scopus, Prof Dian juga produktif dalam mempublikasikan artikel ilmiah populer di The Conversation.com dan media massa lainnya. Dia juga dijuluki sebagai Perempuan Pemburu Abu Vulkanik (Gunung Api).

Dalam sesi seminar, dimoderatori Prima Fithri MT (Dosen Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Unand). Meskipun masih dosen muda, Fithri juga produktif dalam mempublikasikan artikel ilmiah di jurnal terindeks scopus. Duo perempuan akademisi yang bertugas sebagai narasumber dan moderator tersebut disambut dengan meriah oleh peserta yang hadir memenuhi lantai 1 dan juga sampai di lantai 2 gedung CH Unand.

Selain sosialisasi dan seminar, menurut Ketua LPPM Unand, Uyung Gatot S Dinata, acara ini akan dilanjutkan dengan agenda pembagian peserta kelas-kelas klinik lanjutan sesuai bidang ilmu bagi peserta yang sudah menyiapkan data penelitian dan atau draft artikel ilmiahnya.

Baca juga: Tim PKM-MNM Unand Latih Warga Dua Desa di Mentawai Pengolahan Pisang dan Talas

Kelas Klinik tersebut berjumlah enam kelas dari A sampai F, sesuai dengan bidang keilmuan para dosen muda dan mahasiswa pascasarjana. "Kelas Klinik akan diselenggarakan secara reguler setiap minggu selama satu semester, sesuai dengan kurikulum yang disiapkan LPPM bersama para fasilitator atau narasumber per bidang ilmu," ungkapnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: