Pariwara Pemkab Tanahdatar: Empat Tahun Irdinansyah Tarmizi-Zuldafri Darma, Ada Target RPJMD Sudah Capai 100%

Senin, 17 Februari 2020, 21:54 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Pariwara Pemkab Tanahdatar: Empat Tahun Irdinansyah Tarmizi-Zuldafri Darma, Ada Target...
Bupati Tanahdatar, Irdinansyah Tarmizi didampingi Zuldafri Darma (Wabup) menyerahkan piagam penghargaan pada salah seorang tokoh masyarakat, usai syukuran 4 tahun memimpin Tanahdatar, di halaman kantor bupati, Senin (17/2/2020). (jheni rahmad/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Berbicara target kunjungan, jumlah pengunjung wisatawan ke Tanahdatar juga melebihi target yang ditetapkan. Dari target 1.200.000 pengunjung tahun 2019 realisasinya 1.281.548 orang. Multiplier efeknya, akan menggerak roda ekonomi masyarakat di berbagai bidang usaha.

Sektor pelayanan publik mendapat perhatian khusus. Kepala daerah menegaskan masyarakat harus mendapat pelayanan terbaik dari aparatur. "Masyarakat harus dilayani sebaik mungkin ketika berurusan, buat pelayanan yang simpel, efisien dan jelas," pesan Irdinansyah di berbagai kesempatan.

Baca juga: Tanahdatar Terbitkan SE tentang Pelaksanaan PTM di Masa Pandemi Covid19

Hasilnya seluruh perangkat daerah terutama yang bersentuhan langsung sudah menerapkannya bahkan kantor walinagari didorong menerapkan hal yang sama. Pemerintah pusat pun mengganjar dengan penghargaan kepatuhan terhadap standar pelayanan publik dengan predikat kepatuhan tinggi (zona hijau) dari Ombudsman RI.

Kemudian, penghargaan Pelayanan Publik dari Menteri PAN dan RB untuk Rumah Sakit Umum Daerah Prof Dr M Ali Hanafiah Batusangkar dengan Kategori Sangat Baik, Dinas Dukcapil dan Dinas PMPTSP Naker Kategori Baik.

Sementara, berdasarkan indikator-indikator makro pembangunan, secara umum capaiannya cukup menggembirakan. PDRB per kapita misalnya, cenderung naik, begitu juga angka kemiskinan berhasil diturunkan.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia yang meliputi harapan hidup, pendidikan dan standar hidup layak, untuk tiga terakhir juga cenderung naik.

Tingkat pengangguran terbuka, pemerintah berhasil menurunkannya. Pertumbuhan ekonomi terus tumbuh walaupun pertumbuhannya sedikit melambat. Sementara Indeks Gini Ratio yang digunakan untuk mengukur tingkat pemerataan pendapatan, pemerataan hasil pembangunan sangat erat kaitannya dengan permasalahan kemiskinan, trennya menurun, arti tingkat ketimpangan ekonomi berhasil ditekan.

Dalam acara syukuran di halaman kantor bupati, Senin (17/2/2020), Irdinansyah mengatakan pembangunan fisik dan non fisik harus sejalan dengan baik. Pemerintah daerah punya cita-cita menjadikan Tanahdatar Kabupaten Tahfiz dibuktikan sudah ada 174 rumah tahfiz dari awalnya 6 buah. Program Magrib Mengaji, Gerakan Subuh Berjamaah dan kegiatan keagamaan dan adat terus didorong.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: