Koperasi Syariah Digagas: Nasfizar Guspendri Terpilih jadi Ketua Dekopimda Tanahdatar

Sabtu, 15 Februari 2020, 17:24 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Koperasi Syariah Digagas: Nasfizar Guspendri Terpilih jadi Ketua Dekopimda Tanahdatar
Ketua Dekopinwil Sumatera Barat, Hendra Irwan Rahim bersama Zuldafri Darma (Wabup Tanahdatar), foto bersama dengan formatur Dekopinda Tanahdatar, usai pelaksanaan Musda di di Gedung PKK Indo Jolito, Batusangkar, Sabtu (15/2/2020). (jheni rahmad/valoranews

VALORAnews - Wakil Bupati Tanahdatar, Zuldafri Darma menilai, koperasi berperan penting sebagai wadah menumbuh kembangkan potensi ekonomi menuju masyarakat sejahtera sejalan dengan visi pemerintah Kabupaten Tanahdatar, mewujudkan masyarakat yang Madani, Berbudaya dan Sejahtera dalam nilai ABS-SBK.

Hal itu disampaikan Zuldafri saat menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Tanahdatar di Gedung PKK Indo Jolito, Batusangkar, Sabtu (15/2/2020).

Selain itu, Zuldafri berharap, Dekopinda Kabupaten Tanahdatar, dapat menjalin kerjasama dengan seluruh sektor, guna membangun koperasi yang berperan aktif mengerakan perekonomian masyarakat sebagaimana manfaat koperasi itu sendiri.

"Di Kabupaten Tanahdatar sendiri, jumlah koperasi sebanyak 225 unit, tersebar di seluruh nagari yang dapat diandalkan potensinya penggerak pertumbuhan ekonomi sebagai jawaban dari permasalahan di masyarakat," ujar Zuldafri.

Baca juga: Tanahdatar Sosialisasikan Manfaat Vaksin Covid19

Zuldafri menambahkan, sebagai salah satu lembaga ekonomi yang ada di kabupaten Tanahdatar, koperasi segera berkonversi dari koperasi konvensional jadi koperasi syariah.

Maka, dalam percepatannya telah ditandai dengan kesempatan bersama (MoU) antara Pemkab dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tanahdatar.

"Inilah bentuk dukungan pemerintah daerah Tanahdatar mewujudkan Koperasi Syariah, sehingga jadi percontohan daerah lain. Ini penting sebagai penerapan nilai-nilai agama di bidang koperasi," ujar Zuldafri.

Sementara, Ketua MUI Tanahdatar, Syukri Iska mengatakan, MUI siap bekerjasama dalam mewujudkan Koperasi Syariah di Tanahdatar, dengan melaksanakan kegiatan orientasi sistem dan operasionalnya berlandaskan Syariah.

Baca juga: KSPPS HBB Gelar RAT Perdana Usai Diluncurkan

"Sebagai Luhak Nan Tuo berfalsafah ABS SBK, sudah sepantasnya pula nilai agama diterapkan dalam setiap kegiatan, tak terkecuali penerapannya di bidang koperasi, mengingat itu MUI dilibatkan untuk mewujudkan koperasi berbasis syariah di Tanahdatar," ujar Syukri Iska.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: