Inilah Proyek Peningkatan Jalan di Tanahdatar

Rabu, 12 Februari 2020, 21:38 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Inilah Proyek Peningkatan Jalan di Tanahdatar
Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR) Tanahdatar, Nofi Hendri. (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Kabupaten Tanahdatar merupakan salah satu wilayah yang terletak di tengah-tengah Provinsi Sumatera Barat. Secara geografis, wilayah ini berada pada posisi 00 17 LS -00 39 LS dan 100 19' BT - 100 51 BT, dengan luas wilayah 1.336 Km2 atau 133.600 Ha dan terdiri dari 14 Kecamatan, 75 Nagari serta 395 Jorong.

Tanahdatar juga mempunyai 7 pintu masuk dari berbagai daerah di sekitarnya dilewati 11 ruas jalan provinsi dimana saat ini sudah banyak mengalami kerusakan berupa retak-retak, berlubang, bergelombang, drainase tidak berfungsi dan lainnya.

Menanggapi hal itu, Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR) Tanahdatar, Nofi Hendri, Selasa (11/2/2020) mengungkapkan, Pemkab Tanahdatar setiap tahun selalu mengusulkan pembangunan dan rehab jalan di bawah kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar.

"Atas koordinasi dan usulan kita, tahun 2020 kucuran dana perbaikan melalui APBD Provinsi sebesar Rp17,8 Miliar," terangnya.

Baca juga: PEMKAB PESSEL Jadwalkan Pengaspalan Jalan 22,5 KM di 2024

Terdiri dari pekerjaan, pelebaran jalan Batusangkar ke Kubu Karambia dengan dana Rp5 Miliar, Batusangkar menuju Ombilin Rp1,5 miliar termasuk pekerjaan Pelapisan Ulang (Overlay) di Pincuran Tujuh, Simpang Baso ke Piladang sebanyak Rp4,5 miliar. Lalu, Setangkai menuju Halaban Rp4,8 Miliar dan ruas jalan Batusangkar menuju Baso untuk peningkatan/pelebaran jalan sebesar Rp1,8 Miliar.

Nofi menambahkan, Pemprov Sumbar telah melakukan verifikasi lapangan ke Tanahdatar dan sudah memasuki tahapan dan proses tender. "Diharapkan, akhir Maret 2020 nanti pelaksanaan pekerjaan sudah bisa dilaksanakan," ujarnya.

Terpisah, Kabid Bina Marga Dinas PU PR Tanahdatar, Refdizalis menambahkan, Pemkab Tanahdatar melalui Dinas PU PR kembali buat surat usulan kepada Pemprov terkait perbaikan, pemeliharaan berkala/rutin untuk memperpanjang umur jalan, kelancaran transportasi dan hindari kecelakaan berlalu lintas.

"Ada 10 ruas jalan wewenang provinsi yang diusulkan untuk pelebaran, pengamanan, kapasitas dan peningkatan struktur jalan, seperti ruas jalan Kubu Kerambil ke Batas Batusangkar di Simpang Kiambang, Guguk Cino ke Sawahlunto, batas kota Payakumbuh ke Sitangkai dan beberapa ruas lainnya yang tentunya tetap menjadi prioritas untuk diperbaiki Pemprov Sumbar," ungkap Refdizalis.

Baca juga: Ruas Jalan Manggopoh Hingga Padang Luar Ditambal, Pengaspalan Ulang Butuh Rp54 Miliar

Sementara itu, untuk program pembangunan, rehab dan pemeliharaan jalan dan jembatan yang menjadi tanggung jawab Pemkab Tanahdatar melalui DAK 2020, Refdizalis menyampaikan, ada 3 Paket yang mempergunakan DAK.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: