BPK Sumbar Serahkan Evaluasi Anggaran Solsel untuk Pembangunan SDM

Rabu, 18 Desember 2019, 10:11 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
BPK Sumbar Serahkan Evaluasi Anggaran Solsel untuk Pembangunan SDM
Kepala BPK Perwakilan Sumbar, Yusnadewi menyerahkan berkas evaluasi anggaran untuk pembangunan SDM pada Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria di dampingi Zigo Rolanda (ketua DPRD Solsel), di Padang, Rabu (18/12/2019). (humas)

VALORAnews - Pemkab Solok Selatan menerima laporan hasil pemeriksaan kinerja atas efektifitas pengelolaan belanja daerah untuk peningkatan pembangunan sumber daya manusia (SDM), di kantor BPK Perwakilan Sumbar di Padang, Rabu (18/12/2019).

Selain Solsel, BPK Sumbar juga menyerahkan hasil pemeriksaannya kepada Pemprov Sumbar dan Kabupaten Kepulauan Mentawai (evaluasi Pembangunan Manusia) serta Kabupaten Tanahdatar (Kesehatan) dan Kota Payakumbuh (Pendidikan).

Penyerahan dilakukan Kepala BPK Perwakilan Sumbar, Yusnadewi pada Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria. Penyerahan ini juga dihadiri Ketua DPRD Solsel, Zigo Rolanda, Plt Inspekter Gusti Andri dan beberapa kepala daerah lainnya.

Dikatakan Yusnadewi, hasil pemeriksaan khususnya terkait efektifitas belanja daerah untuk pembangunan manusia, ditemukan permasalahan yang relatif sama baik pada Pemprov Sumbar, Solok Selatan dan juga Mentawai.

Baca juga: BPK Serakan LHP Kinerja dan Kepatuhan Belanja Daerah Semester II Tahun 2023, Ini Kata Supardi

Mengatasi permasalahan tersebut, ia mengharapkan, agar kedepannya pemerintah daerah bisa menetapkan program-program prioritas untuk pembangunan manusia serta berkesinambungan terkait perencanaan dan juga penganggarannya.

"Evaluasi ini untuk dapat ditindaklanjuti, agar persoalan-persoalan tersebut dapat diperbaiki di masa yang akan datang," jelasnya.

Sementara, Muzni Zakaria mengatakan, dari pemeriksaan tersebut dihasilkan beberapa poin yang harus ditindaklanjuti oleh daerah nantinya selama 60 hari kedepan. "Pemkab beserta OPD terkait akan segera menindaklanjuti hasil pemeriksaan tersebut," ujar Muzni.

Muzni menyampaikan sambutannya, mewakili mewakili kepala-kepala daerah lain menyampaikan terima kasihnya atas arahan-arahan yang telah dilakukan BPK selama ini sehingga daerah-daerah di Sumbar dapat memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangannya.

Baca juga: Martinus Dahlan Bawa Mentawai Raih Opini WTP Atas LKPD Tahun 2022

"Ucapan terima kasih kepada BPK atas pembinaan selama ini sehingga hampir seluruh pemda se-Sumbar sudah memperoleh WTP. Khusus Solsel, sudah 3 tahun berturut turut mendapatkannya sehingga berimbas kepada APBD berupa penambahan dana transfer pusat yaitu Dana Insentif Daerah," terangnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: