Nagari Paninjauan jadi Tuan Rumah Festival Danau Maninjau, BPK Sumbar Paparkan Kesiapan ke Bupati

Jumat, 12 Juli 2024, 22:24 WIB | Wisata | Kab. Agam
Nagari Paninjauan jadi Tuan Rumah Festival Danau Maninjau, BPK Sumbar Paparkan Kesiapan...
Bupati Agam, Andri Warman didampingi Undri (Kepala BPK Wilayah III Sumatera Barat) saat rapat pembahasan Festival Maninjau, Kamis. (humas)

AGAM (11/6/2024) - Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya akan jadi tuan rumah perhelatan Festival Danau Maninjau 2024.

"Festival Danau Maninjau merupakan momen penting untuk mempromosikan kekayaan budaya dan potensi wisata di Kabupaten Agam," ungkap Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah III Sumatera Barat, Undri.

Hal itu disampaikan Undri, usai audiensi dengan Bupati Agam, Andri Warman di Mess Pemda Belakang Balok, Bukittinggi, Kamis.

Dikatakan Undri, BPK Wilayah III sangat senang adanya kolaborasi dan dukungan pemerintah daerah untuk memastikan festival ini sukses dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat.

Baca juga: BPK Serakan LHP Kinerja dan Kepatuhan Belanja Daerah Semester II Tahun 2023, Ini Kata Supardi

Selama audiensi, berbagai aspek persiapan festival dibahas secara mendalam.

Pertama, agenda kegiatan seperti pameran budaya, pertunjukan seni, lomba tradisional, dan kegiatan olahraga air.

Kedua, pelestarian budaya, yakni strategi untuk menampilkan dan melestarikan kekayaan budaya lokal melalui festival ini, serta melibatkan komunitas seni dan budaya setempat.

Ketiga, pengembangan wisata yakni Upaya untuk menjadikan Festival Danau Maninjau sebagai daya tarik wisata unggulan yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah ini.

Baca juga: Martinus Dahlan Bawa Mentawai Raih Opini WTP Atas LKPD Tahun 2022

Keempat, pengamanan dan kesiapan teknis yaitu langkah-langkah untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama pelaksanaan festival, termasuk koordinasi dengan aparat keamanan dan penyediaan fasilitas yang memadai.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: