Bawaslu Tanahdatar Gelar Faspubdok Pengawasan Pemilu 2019

Selasa, 22 Oktober 2019, 17:07 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Bawaslu Tanahdatar Gelar Faspubdok Pengawasan Pemilu 2019
Bawaslu Tanahdatar menggelar Fasilitasi, Publikasi dan Dokumentasi (Faspubdok) Pengawasan Pemilihan Umum 2019, Selasa (22/10/2019) di Batusangkar. (jhen rahmad/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Komisioner Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Tanahdatar, Yuli Fathry membuka kegiatan Fasilitasi, Publikasi dan Dokumentasi (Faspubdok) Pengawasan Pemilihan Umum 2019, Selasa (22/10/2019) di Batusangkar.

Dalam sambutannya, Yuli Fathry menyampaikan, acara baru bisa diadakan pada Oktober 2019 ini. Seharusnya, pada Agustus 2019 kegiatan ini sudah terlaksana.

"Karena kesibukan pascapemilu 2019, baru kini bisa disampaikan sekaligus berdiskusi dengan media massa," kata Yuli.

Narasumber kegiatan ini Komisioner Divisi Hukum dan Informasi Bawaslu Provinsi Sumatra Barat, Nurhaida Yetti. Dalam materinya Nurhaida memaparkan informasi tentang tugas dan fungsi lembaga Bawaslu menurut UU tentang Pemilu.

Baca juga: PILKADA 2024, BAWASLU: Masyarakat jangan Takut Melaporkan Kecurangan

Menurut Undang-Undang No 17 Tahun 2017 Pengawas Pemilu Kabupaten/Kota telah menjadi permanen yaitu Bawaslu Kabupaten/Kota. "Pengawas pemilu tiga tingkatan di atas (Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota) kedudukannya telah permanen," jelas Nurhaida.

Ketua PWI Sumatera Barat, Heranof juga didapuk jadi pemateri dalam acara ini. Heranof banyak menjelaskan perbedaan media massa dengan media sosial dari berbagai aspek. Termasuk pada Undang Undang yang mengatur kedua media tersebut.

"Wartawan dan media massa dilindungi Undang Undang Pers, sedangkan media sosial tunduk pada UU Informasi dan Transaksi Elektronik," jelas Heranof.

Hadir pada acara itu perwakilan Humas Pemkab Tanahdatar, Humas IAIN Batusangkar, awak media dan undangan lainnya. (jen)

Baca juga: Pusdatin Bawaslu RI Nobatkan Sumbar Peringkat 1 Terinformatif

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: