Lanal dan Dinkes Mentawai Gelar Sosialisasi Keselamatan Penyelam

Senin, 21 Oktober 2019, 20:18 WIB | Wisata | Kab. Mentawai
Lanal dan Dinkes Mentawai Gelar Sosialisasi Keselamatan Penyelam
Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake memberikan arahan pada sosialisasi keselamatan bagi para penyelam serta PHBS di aula kantor Dinas Perizinan Satu Pintu Km 6 Tua Pejat, Senin (21/10/2019). (daniwarti/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake mengajak seluruh elemen masyarakat, menjaga kebersihan laut dan biota-biotanya. Menurutnya, saaat ini yang paling berpengaruh di Mentawai itu adalah kebersihan lingkungan.

"Memelihara kebersihan lingkungan bukan kita saja yang akan menikmatinya, tapi juga wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan laut kita," ungkap Kortanius saat membuka sosialisasi keselamatan bagi para penyelam serta perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di aula kantor Dinas Perizinan Satu Pintu Km 6 Tua Pejat, Senin (21/10/2019).

Sosialisasi ini diinisiasi Lanal Mentawai bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kegiatan sehari penuh ini menghadirkan dua orang pembicara dari Dinas Kesehatan Lantamal IIb Teluk Bayur Padang, dr Tiya Setyadi dan dr Ade HE Susanti.

Menurut Korta, kegiatan sosialisasi ini penting untuk menambah pengetahuan masyarakat tentang kehidupan laut. "Wilayah kita ini dikelilingi laut, maka aktifitas lebih banyak di laut. Selain itu, kita juga punya gelombang laut yang sudah dikenal di penjuru dunia," ungkap Korta.

Baca juga: Permintaan Wagub Sumbar, Danlanal Mesti Awasi dan Jaga Perairan Mentawai

Untuk itu, terang Korta, setiap elemen masyarakat perlu menjaga kelestarian laut. Selain itu, masyarakat dan penyelam perlu menjaga kesehatannya. "Untuk itu. bangunlah jiwa, dimana jiwa itu adalah perilaku. Setelah itu baru bisa bangun yang lainnya," terangnya.

Sementara itu, Danlanal Mentawai, Letkol Anis Munandar mengatakan, kegiatan menjaga kesehatan penyelam ini juga merupakan upaya perlindungan terhadap masyarakat, agar dapat mengurangi resiko kecelakaan akibat tidak menjaga kiat-kiat hidup sehat.

"Setiap harinya mayoritas warga Mentawai banyak menyelam mencari ikan. Ini merupakan pekerjaan tetap warga sehingga perlu mengetahui upaya-upaya menjaga kesehatan," terangnya. (dni)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: