TP-PKK Payakumbuh Ukir Prestasi Nasional

Minggu, 23 Agustus 2015, 16:37 WIB | News | Kota Payakumbuh
TP-PKK Payakumbuh Ukir Prestasi Nasional
Ketua TP-PKK Payakumbuh, Ny Henny Riza Falepi. (humas)

VALORAnews - Ketua TP-PKK Payakumbuh, Ny Henny Riza Falepi didampingi Ermayunita (Sekretaris TP-PKK) di Balaikota Payakumbuh, menginformasikan, gelar Pakarti Utama III yang diraih, merupakan gelar perdana bagi TP-PKK Payakumbuh di tingkat nasional. Dalam Lomba PKK-KB Kes itu, Payakumbuh diwakili kelompok PKK Tanjung Anau, Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Kecamatan Payakumbuh Utara.

"Tanjung Anau sukses menggelar bulan bhakti Dasa Wisma Tingkat Payakumbuh. Di kelurahan ini, program PKK KB-Kes sangat menonjol, dengan aktifitas kelompok dasa wisma dan posyandu cukup tinggi. Sehingga, kesehatan lingkungan, prilaku hidup bersih dan sehat masyarakat setempat berpengaruh kepada kesejahteraan keluarga serta harapan hidup warga yang cukup tingi," ungkap Henny, Minggu (23/8/2015) di balai kota.

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Payakumbuh, mengukir prestasi bergengsi di tingkat nasional. Membawa nama Sumatera Barat, TP-PKK Payakumbuh dianugerahi gelar Pakarti Utama III dalam Lomba PKK KB-Kes Tingkat Nasional 2015. Piala Pakarti Utama III itu diterima Ketua TP-PKK, Ny Henny Riza Falepi dari Ny Mufidah Yusuf Kala, selaku Pembina TP-PKK Pusat, dalam acara Hari Keluarga Nasional ke-22 di Tengsel, Banten, 30 Juli 2015.

Di kelurahan ini, sebutnya, pasangan usia subur sudah 98 persen ikut KB. Yang belum ber-KB, adalah pasangan yang baru nikah atau yang ingin betul-betul menambah anak, setelah berkonsultasi dengan petugas keluarga berencana kelurahan setempat.

Baca juga: PKK Pakan Labuah Bukittinggi Dinilai Tim Provinsi

Dalam hal pemeliharaan kesehatan warga, ibu-ibu Dasa Wisma Tanjung Anau, secara terpadu, aktif mendorong warga untuk datang ke Posyandu. Kegiatan Posyandu, tidak hanya melayani ibu hamil atau anak balita saja, melainkan juga melayani pemeliharaan kesehatan lansia serta anggota masyarakat lainnya. Kegiatan inilah yang membuat nilai Payakumbuh cukup tinggi dalam lomba PKK KB Kes.

Sementara, Ketua Kelompok PKK Tanjung Anau Nilda Witri yang dihubungi, mengaku bangga dengan prestasi yang diukir tersebut. Gelar juara ini, akan mendorong lebih giat menjalani kegiatan PKK dan dasa wisma yang mencakup keseluruh program PKK.

Di bagian lain, Nilda Witri mengapresiasi semangat TP-PKK Payakumbuh yang dipimpin Ny. Henny Riza Falepi, yang dinilai sangat gigih melakukan pembinaan ke kelurahan. "Sosok ibuk PKK yang pantas diteladani," tambahnya. (kyo)

Baca juga: Pelatihan bagi WRSE Angkatan V, Supardi: Gali Ilmu agar Semangat Berusaha Terpelihara

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: