Ini Rekening Badoncek untuk Biaya Kepulangan Perantau Minang di Wamena Papua

Jumat, 27 September 2019, 23:57 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Ini Rekening Badoncek untuk Biaya Kepulangan Perantau Minang di Wamena Papua
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyimak paparan Nasrul Abit (Wagub) saat berkoordinasi membicarakan masalah perantau Minang yang ada di Wamena, Papua bersama Nasrul Abit dan beberapa SKPD Pemprov Sumbar, Jumat (27/9/2019). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pemprov Sumbar menyediakan rekening badoncek sebagai media penyaluran bantuan dari masyarakat melalui 'Sumbar Peduli Sesama' dengan Nomor Rekening 2101.0210.073403, Bank Nagari Capem Kantor Gubernur Sumbar.

"Pemprov mengharapkan bantuan perantau Minang di daerah lain dan masyarakat Sumbar sendiri, untuk bisa bersama-sama membantu perantau kita yang jadi korban insiden Papua. Donasi ini untuk biaya kepulangan ke kampung halaman," ungkap Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dikutip dari laman facebooknya yang menyebut tengah berkoordinasi membicarakan masalah perantau Minang yang ada di Wamena, Papua bersama Nasrul Abit (Wagub Sumbar) dan sejumlah OPD Setdaprov Sumbar, Jumat (27/9/2019) malam.

Ditegaskan Irwan, Pemprov Sumbar akan terus mengupayakan bantuan dari semua pihak untuk membantu kepulangan perantau Minang yang ada di Wamena.

"Tidak menutup kemungkinan, kita akan meminta bantuan BNPB, karena ini merupakan salah satu kategori bencana," terang Irwan, gubernur Sumbar dua periode itu.

Baca juga: Mahyeldi Imami Shalat Jenazah Nasrul Abit hingga Pimpin Prosesi Penguburan di Air Haji

"Semoga kondisi perantau Minang di Wamena, Papua bisa kembali menikmati kehidupan normal tanpa kegaduhan dan ancaman dari pihak manapun," harapnya.

400 Mendaftar Dipulangkan

Sementara, Nasrul Abit menyebutkan, tercatat sebanyak 400 warga asli Sumatera Barat yang berada di Wamena, minta dipulangkan ke kampung halaman. Keinginan mereka pulang, menyusul kondisi di Wamena yang sampai saat ini masih belum kondusif.

"Sampai hari ini yang tercatat di Dandim Pesisir Selatan, yang sudah mendaftar untuk pulang ada sekitar 400 orang," kata Nasrul Abit pada wartawan, Kamis (26/9/2019).

Baca juga: Hakim MK Putuskan Nasrul Abit-Indra Catri Tak Bisa Buktikan Sangkaan ke Paslon 04

Menurut Nasrul Abit, memulangkan seluruh warga Sumbar yang ada di Wamena itu, bukan perkara mudah. Selain kondisi yang belum kondusif, biaya kepulangan mereka juga terbilang cukup besar. Sampai saat ini, terangnya, Pemprov Sumbar terus berkomunikasi dengan pihak terkait, termasuk juga dengan Damdim dan Kapolres di Wamena.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: