Bahan Bakar Pembangkit dari Bambu: Menteri Bapenas Resmikan Pembangkit Listrik Biomassa di Mentawai

Selasa, 17 September 2019, 16:07 WIB | Wisata | Kab. Mentawai
Bahan Bakar Pembangkit dari Bambu: Menteri Bapenas Resmikan Pembangkit Listrik Biomassa...
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bapppenas), Bambang Brodjonegoro menandatangani prasasti Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) di tiga desa di Pulau Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Selasa (17/9/2019). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bapppenas), Bambang Brodjonegoro meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) di tiga desa di Pulau Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Selasa (17/9/2019). Pembangkit listrik ini menggunakan bahan bakar bambu yang banyak terdapat di kabupaten yang berada di pesisir perairan Sumbar ini.

"PLTBm ini merupakan proyek hibah MCC Amerika Serikat yang dilaksanakan PT Charta Putra Indonesia (CPI). Pembangunan PLTBm ini sangat unik, karena menggunakan bambu sebagai bahan bakarnya. PLTBm pertama di Indonesia yang dilaksanakan PT CPI selama lima tahun," kata Bambang saat persmian pembangkit yang dipusatkan di Desa Saliguma, Pulau Siberut Tengah.

PLTBm ini dibangun di tiga desa di Mentawai yaitu Desa Saliguma dengan kapasitas 250 Kilo Watt Hour (KWh), Desa Madobag (300 KWh) dan Desa Matotonan (150 KWh). Untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Pulau Siberut ini, PT PLN berencana untuk melakukan interkoneksi PLTBm Madobag ke Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Meileppet. Kemudian, PLTBm Matotonan dengan PLTD Peipei.

"Pemkab Mentawai telah melakukan kerjasama dengan PLN melalui excess power," ujar Bambang pada peresmian yang dihadiri Wagub Sumbar, Nasrul Abit, Yudas Sabagalet (Bupati Mentawai), Forkopimda serta pihak terkait lainnya itu.

Baca juga: Keterbukaan Informasi Setengah Hati, Jangan Harap Korupsi Punah

Ini merupakan pengembang pembangkit tenaga listrik swasta atau Independent Power Producer (IPP) PLTBm pertama di Provinsi Sumatera Barat. Kementerian PPN/Bapppenas juga akan terus mendorong pengembangan pembangkit listrik yang ramah lingkungan.

Selain meningkatkan bauran energi, langkah itu diharapkan bisa mengurangi kebergantungan terhadap energi fosil. (Baca: PLTBm Bambu Beroperasi di Mentawai, Yudas: Desa Minus Listrik Masih Banyak)

Double Untung

Sementara itu, Nasrul Abit mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi penghargaan tinggi kepada Kementerian PPN yang telah hadir dan berkarya ditengah-tengah masyarakat Sumbar, khususnya di Kepulauan Mentawai.

"Dengan hadirnya PLTBm di Kepulauan Siberut, energi terbarukan bisa mengalirkan arus listrik di daerah terisolir. Daerah ini jadi terang sehingga bisa mencerdaskan pendidikan anak bangsa serta meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat di Mentawai," kata Nasrul Abit.

Menurut dia, adanya PLTBm ini, akan membuat masyarakat setempat mendapatkan dua keuntungan yakni listrik dan penghasilan dari berjualan bambu untuk pembangkit listrik. "Energi terbarukan dengan menggunakan bambu itu merupakan yang pertama kalinya di Indonesia dan hal itu juga pertama kali bagi masyarakat yang belum teraliri listrik selama ini," terangnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: