Peringatan HAN 2019 Padang Dipusatkan di Ponpes Hamka II

Minggu, 08 September 2019, 17:30 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Peringatan HAN 2019 Padang Dipusatkan di Ponpes Hamka II
Wako Padang, Mahyeldi didampingi Harneli Bahar (ketua TP PKK) memberikan kesempatan pada siswa Pesantren Modern Terpadu Prof Dr Hamka II, Aie Pacah Kota Padang, berdialog dengan Menkes RI, Nila Moeluk, Ahad pagi (8/9/2019). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Rangkaian kegiatan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2019, Wali Kota Padang, H Mahyeldi ikut menerima 'video conference' dari Menteri Kesehatan (Menkes), Nila Moeloek yang tengah berada di Rusunawa Jatinegara Barat, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Selain Menkes, juga diikuti Menteri PUPR, Mochamad Basoeki Hadimoeljono.

Video conference itu dilakukan Mahyeldi di Pesantren Modern Terpadu Prof Dr Hamka II, Aie Pacah Kota Padang, Ahad pagi (8/9/2019). Juga hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Padang Ferimulyani, Kakan Kemenag Padang Marjanis, pengelola Pondok Pesantren Modern Terpadu Prof Dr Hamka II, Ketua TP-PKK Padang, Harneli Bahar serta sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang dan unsur terkait lainnya.

Diketahui, selain Kota Padang, 3 daerah lainnya juga melakukan hal serupa yang juga dipimpin kepala daerah masing-masing. Di antaranya pada Pondok Pesantren Modern Al Amanah, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya, Rusunawa Rempoa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta serta Rusunawa Cingised Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Dalam video conference tersebut, Mahyeldi menyampaikan beberapa hal. Sekaitan peringatan HAN 2019 di Kota Padang, Pemko Padang melalui Puskesmas Air Dingin telah menggelar beberapa kegiatan yang dipusatkan di kawasan Pesantren Modern Terpadu Prof Dr Hamka II.

Baca juga: Pemprov Sumbar Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW, Gubernur Ajak ASN Jaga Kondusivitas

Antara lain, seperti pemberian inovasi dengan melakukan penjaringan kesehatan dan pemeriksaan berkala, pemberian tablet tambah darah bagi santri putri disertai sosialisasi dan pembentukan Pos Kesehatan Pesantren (Poskentren).

Selain itu, juga diikuti pemeriksaan kesehatan tempat-tempat umum seperti toilet, tempat pengolahan makanan dan kantin sekolah. Kemudian pemeriksaan jentik nyamuk dan kegiatan kehamkaan setiap hari Jumat yang salah satunya diisi dengan penyuluhan kesehatan.

"Dalam peringatan HAN 2019 di Pesantren Modern Terpadu Prof Dr Hamka II ini, juga digelar kegiatan olahraga bersama yang diikuti 380 orang terdiri dari para santri, pendidik, dan lintas sektor dengan instruktur senam dari DKK Padang. Selain itu juga ada seminar, edukasi games dan lainnya," sebutnya.

Mahyeldi memaparkan, beberapa pesan disampaikan Menteri Kesehatan kepada pihak terkait seperti memperhatikan kesehatan anak-anak dimana saja berada.

Baca juga: Cuti Kampanye Pilkada Serentak 2024, Mahyeldi Usulkan Wagub jadi Pjs Gubernur Sumbar

"Bagaimana lingkungan yang dihadirkan bagi mereka adalah lingkungan yang sehat. Itu makanya sampah tidak boleh ada yang berserakan, lingkungan harus bersih dan air juga harus bersih. Di samping itu juga, di asrama atau di komplek-komplek dan di pesantren-pesantren juga harus ada kegiatan olahraganya, makanannya juga diperhatikan sesuai menu kesehatan," tukasnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: