274 Murid SD Quran Ar Risalah Ikuti Wisuda Tahfiz

Sabtu, 20 April 2019, 17:20 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
274 Murid SD Quran Ar Risalah Ikuti Wisuda Tahfiz
Kepala SD Quran Ar Risalah, Marjoni beserta unsur pimpinan lainnya, foto bersama dengan siswa laki-laki peserta wisuda angkatan ke-4, di gelanggang olah raga Perguruan Islam Ar Risalah (PIAR), Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Sabtu (20/4/201

VALORAnews - Sebanyak 274 murid SD Quran Ar Risalah jalani wisuda tahfiz yang ke-4, di gelanggang olah raga Perguruan Islam Ar Risalah (PIAR), Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Sabtu (20/4/2019) atau 26 Sya'ban 1440 H. Wisuda ini mulai dari yang punya hafalan 1 juz (juz 30-red) hingga 6 juz.

"Wisuda kali ini bukan sekadar seberapa banyak hafalan. Kita sudah meningkatkannya pada kualitas bacaan. Proses komprenya selama dua pekan pada pertengahan Maret sampai awal April 2019 kemarin," ungkap Kepala SD Quran Ar Risalah, Marjoni saat memberikan sambutan.

Dikatakan Marjoni, untuk anak kelas 6, ujian kompre tahfiz ini berdasarkan hafalan yang disetorkan secara bertahap sejak pertengean Februari 2019. Begitu juga untuk anak kelas 2 sampai dengan kelas 5.

"Jika selama proses belajar, anak kita sudah hafal 6 juz namun saat kompre hanya bisa menyetorkan 4 atau 5 juz, maka hanya dicatatkan sebagai peserta wisuda sesuai yang telah disetorkan itu," terang Marjoni.

Baca juga: Siswa SMPN 1 Banuhampu Diwisuda Tahfiz, Ini Harapan Bupati Agam

Selain itu, Marjoni mengungkapkan, SD Quran telah memperoleh akreditasi A dari pemerintah pada 2018 ini. "Selain fokus mencetak penghafal quran, kita juga teus membenahi mutu pendidikan dan alhamdulillah telah diakui pemerintah dengan dapat akreditasi A," ungkapnya sembari menyebutkan, siswa SD Quran Ar Risalah juga berhasil juara I OSN tingkat Kota Padang pada 2018 ini.

Sementara, Ketua Dewan Pembina Yayasan Waqaf Ar Risalah, H Irsyad Syafar dalam sambutannya mengutip sejumlah hadist tentang pentingnya jadi penghafal al Quran. "Kita berkomitmen untuk melahirkan pemimpin kelas dunia yang hafal dan paham kandungan al Quran," ungkapnya dihadapan wali murid dan undangan lainnya.

Sementara, Sekda Padang, Amasrul mengatakan, perjuangan dalam meraih Kemerdakaan Bangsa Indonesia tidak lepas dari usaha tokoh kalangan ulama yang hafal al Quran. Banyak tokoh-tokoh yang berasal dari ulama yang hafal Quran, ikut berjuang memerdekakan bangsa Indonesia ini.

"Atas nama Pemerintah Kota Padang, kami mengucapkan terima kasih kepada yayasan Ar Risalah yang telah mendidik dan mencetak generasi muda hafal Quran di Kota Padang," jelas Amasrul.

Baca juga: Hamsuardi: Wariskan yang Terbaik untuk Generasi Muda Pasbar

Dijelaskan, perkembangan tekonologi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan anak. Untuk itu, orang tua berperan penting untuk mendidik agar terhindar dari pengaruh tersebut.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: