Pariwara Pemkab Solok Selatan: Festival SRG II Meriah, Muzni: Kita Tak Mau Adat dan Budaya Tersingkir Teknologi

Rabu, 27 Maret 2019, 20:53 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Pariwara Pemkab Solok Selatan: Festival SRG II Meriah, Muzni: Kita Tak Mau Adat dan...
Bupati Solsel, Muzni Zakaria memberikan sambutan pada pembukaan Festival Seribu Rumah Gadang II di halaman Rumah Gadang Tigo Lareh, Jumat (22/3/2019) malam. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Ribuan masyarakat tumpah ruah menyaksikan pelaksanaan 'Alek Budaya' Festival Seribu Rumah Gadang (SRG) di Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Jumat (22/3/2019) malam. Tidak hanya masyarakat lokal, semarak festival adat yang dikemas dengan suasana masa doeloe ini, juga turut disaksikan wisatawan asing.

Festival bertajuk "Manyulam Kain Jolong" ini, bertujuan untuk memperbaiki dan menata kembali budaya yang pernah ada dalam masyarakat Minang khususnya Solsel, agar kembali disenangi dan dicintai. Melalui festival SRG ini, masyarakat diajak untuk menghidupkan kembali seni budaya dan adat istiadat yang nyaris terlupakan oleh perkembangan zaman.

Bupati Solsel, H Muzni Zakaria saat membuka secara resmi pergelaran budaya itu mengatakan, tatanan adat istiadat dan kesenian yang dimiliki dan yang hidup di masyarakat Solsel pada masa lampau merupakan kekayaan budaya yang mesti dipelihara. Semua pihak, baik pemerintah, tokoh adat, ninik mamak, anak kemenakan bahkan seluruh masyarakat di Solsel bertanggung jawab untuk tugas pelestarian itu.

Baca juga: Bupati Solsel Ingatkan Pentingnya Wujudkan Jalan Tembus ke Dharmasraya

Muzni berharap dengan kemeriahan Festival SRG ini, masyarakat terutama generasi muda tetap bisa melestarikan adat dan budaya Minangkabau terutama di Solsel sendiri. Saat ini katanya, perkembangan teknologi dan informasi rentan untuk lunturnya adat dan budaya asli masyarakat.

"Tak bisa dipungkiri, bahwa kita sudah hidup di era kemajuan teknologi yang luar biasa dan serba canggih. Dengan kemajuan teknologi ini, budaya kita kian tersingkir. Ini kita tak mau," ujarnya.

Harapan lain, lanjutnya, melalui festival itu agar Solsel semakin populer lagi keberadaannya sebagai daerah yang kaya budaya. Kegiatan ini diharapkan dapat menarik animo wisatawan, baik domestik ataupun mancanegara untuk berkunjung ke Solsel. Menikmati keunikan seni budaya di kawasan SRG serta berbagai destinasi wisata alam yang indah.

Baca juga: Warga Solsel Diingatkan Bijak Gunakan Medsos di Momen Pilkada

"Kita punya banyak destinasi wisata di Solsel. Di Muaralabuh dan sekitarnya kita ada kawasan SRG, wisata sejarah Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu dan Kerajaan Balun. Ada juga Mesjid bersejarah 60 Kurang Aso," ungkapnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: