Nasrul Abit Tindaklanjuti Peluang Bantuan Bibit Unggul dari Balitbangtan

Kamis, 14 Maret 2019, 21:10 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Nasrul Abit Tindaklanjuti Peluang Bantuan Bibit Unggul dari Balitbangtan
Nasrul Abit Tindaklanjuti Peluang Bantuan Bibit Unggul dari Balitbangtan

VALORAnews - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menilai, melihat perkembangan dunia dalam meningkatkan daya saing daerah, dirasa perlu menciptakan berbagai inovasi dalam pengembangan dan memaksimalkan potensi sektor pertanian dan perkebunan Sumatera Barat.

"Inovasi merupakan sesuatu keharusan guna memenuhi kebutuhan pasar dan masyarakat," ungkap Nasrul Abit pada pertemuan Pemprov Sumbar dengan Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian RI di Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Pada pertemuan itu, Nasrul Abit beserta OPD terkait yang hadir disambut Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Muhammad Prama Yufdy.

Dikatakan, Sumatera Barat memiliki pontensi yang luar biasa pada sektor pertanian. Ini merupakan salah satu sektor pembangunan strategis dalam RPJMD Sumbar 2016-2021.

Baca juga: Mahyeldi Imami Shalat Jenazah Nasrul Abit hingga Pimpin Prosesi Penguburan di Air Haji

Selain itu, sektor pertanian jadi penting karena hampir 60 persen kehidupan masyarakat Sumbar dari sektor pertanian. Keseriusan Pemerintah Sumatera Barat dalam pengembangan sektor pertanian dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki masyarakat Sumbar, tertuang dalam berbagai program dan kegiatan di sektor pertaniaan.

"Hari ini, Pemprov Sumatera Barat melakukan tindak lanjut kerjasama ke Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia," ungkap Nasrul Abit.

Nasrul Abit mengatakan, pada pertemuan di Balitbangtan Kementerian Pertanian ini, yang jadi fokus utama dalam pengembangan sektor pertanian di Sumatera Barat membutuhkan peningkatan sektor produksi pertanian baik di sektor pangan seperti jagung, padi, cabai, perkebunan kakao, kopi, serai wangi dan nilam serta hortikultura seperti bawang merah dan bawang putih.

"Peningkatan produktifitas sektor pertanian dan perkebunan, harus diawali dengan bibit unggul dan dari Balitbang Kementan bersedia membantu dalam penyediaan bibit unggul," ungkapnya.

Baca juga: Hakim MK Putuskan Nasrul Abit-Indra Catri Tak Bisa Buktikan Sangkaan ke Paslon 04

Saat ini, Balitbangtan juga telah menyediakan seperti bibit padi gogo, jagung, alpukat dan lain-lainnya yang memiliki produktifitas yang luar biasa yang sudah diinovasikan bukan hanya bibit, namun dalam inovasi teknologi pengolahan hasil dari pertanian dan perkebunan.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: