Satgas TMMD Tanami Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Tua Peijat

Senin, 04 Maret 2019, 17:14 WIB | Wisata | Kab. Mentawai
Satgas TMMD Tanami Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Tua Peijat
Jajaran Kodim 0319/Mentawai bersama warga Tua Peijat, menanam pohon mangrove yang merupakan bagian dari kegiatan TMMD ke-104, Senin (4/3/2019). (penrem)

VALORAnews - Menanam mangrove dapat mencegah bencana alam. Sebab, salah satu fungsi utama hutan bakau atau mangrove untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan dan meredam gelombang besar termasuk tsunami.

Menyadari pentingnya hal tersebut, masyarakat Desa Tua Peijat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten KepulauanMentawai bersama Satgas TMMD ke-104 Kodim 0319/Mentawai, melakukan kegiatan penanaman mangrove di sekitaran pesisir pantai Desa Tua Peijat.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0319/Mentawai, Kapten (Inf) Syahrial mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan TMMD di wilayah Kodim 0319/Mentawai untuk mengajak masyarakat peduli tentang lingkungan dengan tanam pohon Mangrove.

"Bumi yang kita tinggali merupakan titipan untuk diwariskan kepada anak cucu. Karena itu, penting bagi kita untuk bertanggung jawab dan bersama-sama merawat lingkungan. Oleh karena itu, oleh karena itu nanti setelah tumbuh besar tidak boleh dirusak," jelasnya disela-sela kegiatan penanaman, Senin (4/3/2019).

Baca juga: TMMD 116 Mentawai; 100 Pohon Mangrove Ditanam di TPI Desa Tuapejat

Dikatakan, sekitar 500 pohon mangrove akan ditanami sekitar pesisir pantai secar bertahap. "Kodim 0319/Mentawai juga melakukan pembibitan pohon Mangrove," ungkapnya.

Pantauan di lokasi, penanaman Mangrove ini mendapat sambutan dari berbagai lapisan masyarakat. Hal ini terlihat dengan ikut ambil bagian masyarakat dengan melibatkan diri dalam penanaman mangrove tersebut. (rls/vry)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: