TMMD 116 Mentawai; 100 Pohon Mangrove Ditanam di TPI Desa Tuapejat

Senin, 15 Mei 2023, 22:57 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
TMMD 116 Mentawai; 100 Pohon Mangrove Ditanam di TPI Desa Tuapejat
Wadansatgas TMMD ke-116 Tahun 2023 Kodim 0319/Mtw Kapten (Inf) Putera Irawan Damanik bersama Bupati Mentawai, Martinus Dahlan dan Forkopimda lainnya, lakukan penanaman pohon mangrove Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Tuapeijat, Ahad. (humas)

MENTAWAI (15/5/2023) - Sedikitnya, ditanam 100 batang Pohon Mangrove di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Tuapeijat, Ahad. Ini merupakan rangkaian kegiatan penanaman mangrove secara nasional yang dipimpin Presiden Indonesia, Jokowi, Senin.

Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo mengatakan, pohon mangrove yang ditanam mesti dijaga dan dirawat.

"Pohon ini pasti akan tumbuh dan akan jadi hutan bakau yang subur serta serta bisa menjadi tempat tinggal satwa seperti burung, ikan, kepiting dan jenis binatang laut lainnya di masa depan," kata Presiden Joko Widodo.

Di Kabupaten Kepulauan Mentawai, penanaman mangrove dipimpin Dandim 0319, diikuti Pj Bupati Mentawai, Martinus Dahlan, Danlanal Letkol Laut Patrius Sirait, Kapolres AKBP. Fahmi Reza, Kepala SAR, Akmal, Ketua DPRD Yosep Saroddog, Kepala Dinas Perikanan, Usman dan lainnya.

Baca juga: Satgas TMMD Tanami Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Tua Peijat

"Kita harus bisa bersama-sama menjaga mangrove yang kita tanam sore ini. Seluruh elemen masyarakat harus bisa menjaganya," ungkap Letkol (Inf) Suirwan.

Letkol Suirwan menilai, pohon mangrove ini bisa nanti mencegah abrasi dan erosi pantai. Selain itu, juga menjaga habitat ekosistim laut dan hewan yang hidup di pesisir pantai.

Sementara itu, Wadansatgas TMMD ke-116 Tahun 2023 Kodim 0319/Mtw Kapten (Inf) Putera Irawan Damanik menyebutkan, penanaman pohon mangrove ini untuk menjaga ekosistem laut dan hewan yang hidup di pesisir pantai Kepulauan Mentawai.

Selain itu, ini merupakan program peduli lingkungan TMMD ke-116 Kodim 0319/Mtw bersama masyarakat.

Dikatakan, menanam pohon mangrove ini sebagai salah satu upaya untuk menjaga ekosistem biota laut dengan harapan hewan yang hidup dipesisir pantai seperti ikan, udang, kepiting dan siput, bisa berkembang biak termasuk hewan darat seperti burung.

Sementara, Letda Inf James S mengungkapkan, penanaman pohon mangrove tersebut sebagai wujud kepedulian Satgas TMMD 116 bersama masyarakat terhadap kelestarian lingkungan.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: