Solsel Kembangkan Perpustakaan Berbasis Inklusi

Rabu, 23 Januari 2019, 16:31 WIB | Kabar Daerah | Kab. Solok Selatan
Solsel Kembangkan Perpustakaan Berbasis Inklusi
Kunjungan pelajar SD pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Solok Selatan. (humas)

VALORAnews - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, resmi melakukan revitalisasi perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk meningkatkan minat baca masyarakat terutama anak usia dini.

"Sisi penting dari kegiatan ini adalah untuk menumbuh kembangkan minat baca sekaligus memperkenalkan perpustakaan pada anak mulai dari tingkat Paud, Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Solok Selatan, Yalasri didampingi Reno Yuniwati (Kasi Layanan, Pelestarian dan Pembinaan Perpustaan).

Dia menyebutkan, pelayanan inklusi sebagai upaya pemerintah merancang kembali perpustakaan agar memiliki manfaat yang tinggi bagi masyarakat.

"Literasi dan masyarakat yang literate, merupakan puncak pencapaian dari suatu proses panjang pendidikan yang ditempuh masyarakat jadi pelayanan perpustakaan berbasis inklusi sosial harus berkomitmen meningkatkan kualitas hidup pengguna perpustakaan," ujarnya.

Baca juga: DPRD Solsel Konsultasikan Pelaksanaan Tindak Lanjut Rekomendasi DPRD atas LKPj Kepala Daerah

Selain itu, perpustakaan juga akan melaksanakan beberapa program yang berorientasi untuk membantu masyarakat secara umum dibidang data dan informasi yang dibutuhkan.

Saat ini, katanya, Perpustakaan dan Arsip Solok Selatan juga sudah menyiapkan tiga unit komputer dengan layanan internet gratis di kantor perpustakaan yang bisa dimanfaatkan oleh berbagai lapisan masyarakat.

"Kami juga akan mengadakan kegiatan pelatihan Bahasa Inggris," katanya.

Dikatakan, perpustakaan berbasis inklusi sosial sesuai dengan program nasional, dimana setiap perpustakaan perlu bertransformasi menjadi layanan berbasis inklusi sosial. Hal ini, katanya, dilakukan untuk mewujudkan masyarakat yang berliterasi dan meningkatkan peran literasi untuk kesejahteraan.

Baca juga: Pansus LKPj Kepala Daerah DPRD Solsel Kunjungan ke DPRD Provinsi, Ini Kata Sekwan

Sesuai dengan ajakan dan imbauan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) terkait diharuskannya setiap perpustakaan perlu bertransformasi mewujudkan layanan berbasis inklusi sosial, Dinas Perpustakaan dan Arsip Solsel melalui Bidang Perpustakaan telah melaksanakannya lebih awal di tahun ini.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: