Dusun Boriay Simpan Potensi Batu Bara dan Perikanan, Ini Harapan Wagub Sumbar

Senin, 21 Januari 2019, 18:02 WIB | Wisata | Kab. Mentawai
Dusun Boriay Simpan Potensi Batu Bara dan Perikanan, Ini Harapan Wagub Sumbar
Wagub Sumbar, Nasrul Abit bersama Kortanius Sabaleake dan jajaran, foto bersama di Posko Polsek Sinakak, Kecamatan Pagai Selatan, Selasa (18/1/2019) sore. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Dusun Boriay adalah lokasi dermaga terbaik, baik dari kondisi daerah pulau-pulau dan potensi yang ada amat mendukung terhadap pengembangan dermaga," terangnya.

"Walaupun sudah ada Pelabuhan Sikakap, akan tetapi lokasi rencana pembangunan Dermaga Boriay lebih menjanjikan," tambah Kortanius.

Menyikapi kondisi masyarakat selain belum ada listrik dan alat komunikasi, juga ada sebuah masjid yang membutuhkan bantuan sehingga membuatnya lebih baik. "Daerah ini mayoritas muslim," ujar Kortanius.

Baca juga: Tim PKM-MNM Unand Latih Warga Dua Desa di Mentawai Pengolahan Pisang dan Talas

Kortanius menyampaikan, saat ini dalam mendorong Mentawai keluar dari kategori daerah tertinggal. Berbagai upaya percepatan pembangunan infrastruktur di Mentawai terus dilakukan.

Ada pembangunan pelabuhan Labuhan Bajau di Mentawai di kawasan utara, karena mendukung keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Kemudian pembangunan infrastruktur jalan Trans Mentawai sejauh 280 km dan Trans Laut menghubungan semua pulau di Kepuluan Mentawai.

Kepala Desa, Tarsan Samaloisa juga menyampaikan, masyarakatnya kerap trauma dengan janji bantuan dari pemerintah. Karena, tidak pernah terealisasi, hanya janji-janji. "Sudah banyak juga proposal yang disampaikan, namun tak kunjung ada jawaban," ungkapnya.

Diungkapkan Tarsan Samaloisa, di daerah itu sudah ada Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta juga ada Bidan Desa. Saat ini juga sudah ada pembangunan 4 unit PLTS dari 7 yang direncanakan di Desa Sinakak. "Ini masih belum mencukupi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat," terangnya.

"Soal tanah dalam memajukan pembangunan di Dusun Boriay, masyarakat telah bersedia menyerahkan tanah mereka seluas 3 Ha. Jika dibutuhkan lagi, masyarakat juga bersedia dengan ikhlas," katanya. (rls/kyo)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: