Pemkab dan Wartawan Solsel Kunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di Garut

Senin, 03 Desember 2018, 21:27 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Pemkab dan Wartawan Solsel Kunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di Garut
Asisten III Pemkab Garut, Asep Faruk memberikan kenang-kenangan kepada Kabag Humas dan Protokoler Solsel, Firdaus Firman saat menggelar kunjungan kerja, akhir bulan lalu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Solok Selatan (Solsel), bersama awak media yang bertugas di kabupaten itu, melakukan kunjungan kerja ke Pemkab Garut dalam rangka tukar informasi, 28-30 November 2018.

Kegiatan itu, selain dihadiri Kepala Bagian Humas dan Protokoler Solsel, Firdaus Firman dan Kasubag Protokoler, Riri Tyhson. Kedatangan rombongan Pemkab Solsel disambut, Asisten III Pemkab Garut, Asep Faruk dan Kadis Kominfo Garut, Nurdin Yana serta jajaran Humas Pemkab Garut.

"Kami memilih ke Garut karena daerah ini persis sama dengan Solsel, dari kondisi geografis daerah dan potensi alam. Apalagi Solsel berada di kaki Gunung Kerinci dan memiliki potensi panas bumi juga," kata Firdaus Firman saat memberikan sambutan.

Firdaus menyebutkan, investasi pembangkit listrik tenaga panas bumi yang ada di Solsel bakal dialiri listrik sekitar September 2019, dengan daya 80 Mega Watt (MW).

Baca juga: DPRD Solsel Bahas Strategi Percepatan Pelaksanaan Tugas Legislasi dengan DPRD Sumbar jelang Akhir Masa Jabatan

"Di Garut, investasi pembangkit panas bumi ini telah ada sejak zaman orde baru dan telah menjadi sumber pemasukan buat daerah. Ini salah satu alasan kita ke sini," ucapnya.

Selain itu, Solsel juga memiliki potensi objek wisata alam pemandian air panas, goa batu kapal serta kawasan rumah adat (rumah gadang) Saribu Rumah Gadang yang menjadi perkampungan adat terpopuler di Indonesia pada 2017.

"Bahkan, baru-baru ini, rumah gadang Panjang di Abai juga mendapat nominasi anugerah pesona Indonesia, kategori situs sejarah terpopuler," katanya.

Asisten III Pemkab Garut, Asep Faruk menyebutkan, potensi panas bumi dan wisata yang dimiliki daerahnya mungkin sama dengan Solsel, dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sekitar Rp4,3 triliun.

Baca juga: Pemilu 2024 Ganggu Capaian Target Legislasi, Komisi 1 DPRD Solsel Konsultasi dengan DPRD Sumbar

"APBD Garut bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU) dan dana perimbangan. Sektor PAD sekitar Rp550 miliar per tahun," ungkapnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: