Lembah Harau Antarkan Limapuluh Kota Raih Penghargaan ISTA

Minggu, 02 Desember 2018, 21:47 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Lembah Harau Antarkan Limapuluh Kota Raih Penghargaan ISTA
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi bersama Arif Yahya (Menteri Pariwisata) foto bersama usai acara malam penganugerahan Indonesia Stainable Tourism Award (ISTA) 2018 di Jakarta, Jumat (30/11/2018) lalu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Masih banyak yang perlu dibenahi di Lembah Harau, namun alhamdulillah pada tahun ini akses jalan menuju objek wisata telah dapat kita perbaiki, dan masih dalam proses pengerjaan harapan kita nantinya kendala macet, jalan yang sempit dan berlubang dapat teratasi," terangnya.

"Kemudian, sarana umum pendukung objek wisata, seperti tempat ibadah dan toilet yang juga perlu kita jaga kebersihannya. Begitu pula dengan tempat-tempat usaha masyarakat kita disana. Ini semua tentu sebuah kebutuhan dan keharusan, untuk dikembangkan sesuai prinsip pariwisata berkelanjutan dengan melibatkan peran semua stakeholder," jelas Irfendi.

Beberapa waktu terakhir, menurut Irfendi Arbi, kesadaran masyarakat akan kawasan Lembah Harau, akan konsep pariwisata berkelanjutan juga sudah semakin membaik. Bahkan inovasi-inovasi atau produk pariwisata berkelanjutan di Lembah Harau, mulai bermunculan dari masyarakat bersama para seniman daerah. Ditandai dengan adanya iven Pasa Harau Art & Culture Festival.

Baca juga: HJK Limapuluh Kota ke-183, Mahyeldi Bagikan Kunci Sukses Penyelenggaraan Pembangunan dan Pemerintahan

Pasa Harau Art & Culture Festival adalah acara yang memadukan pariwisata dengan peristiwa seni-budaya. Berbeda dengan kebanyakan festifal Pasa Harau Art & Culture Festival, Festival ini digagas oleh komunitas sadar wisata bersama sejumlah seniman dan pelaku industri kreatif untuk menyemarakkan aktifitas budaya masyarakat Lembah Harau.

"Pasa Harau Art & Culture Festival sudah untuk ketiga kalinya digelar di Lembah Harau. Untuk mendukung inovasi pariwisata berkelanjutan yang muncul dari masyarakat dan seniman ini, kita pemerintah pemerintah daerah juga ikut memberi support anggaran. Meski jumlahnya tidaklah banyak, bahkan berjumlah setimpal dengan semangat yang muncul. Tapi kita jajaran pemerintah daerah bersama Forkopimda dan DPRD, berkomitmen untuk menjadikan ini sebagai salah satu ikon Lembah Harau," kata Irfendi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Limapuluh Kota, Nengsih mengatakan, perolehan penghargaan Indonesia Stainable Tourism Award (ISTA) 2018 dari Kementerian Pariwisata ini atas keberhasilan Pemkab Limapuluh Kota dalam melestarikan objek wisata Lembah Harau secara berkelanjutan, hal ini kian meneguhkan langkah pemerintah daerah terutama instansi yang ia pimpin untuk lebih serius menata dan melakukan pengembangan ke depannya.

Dikatakannya, Penghargaan ISTA 2018 yang diberikan oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, kepada Limapuluh Kota ini, akan menjadi lampu hijau serta akan menjadi modal bagi Limapuluh Kota untuk lebih mengembangkan tata kelola destinasi wisata dan penunjang lainnya di objek wisata Lembah Harau nantinya.

"Penghargaan di bidang pariwisata ini adalah cambuk untuk kita agar lebih bersemangat dalam membangun dan melestarikan objek-objek wisata yang ada didaerah kita, hal ini juga sesuai dengan visi-misi pembangunan kepala daerah kita di Limapuluh Kota, yang sangat serius dan fokus dalam mengembangan program promosi pariwisata ke tingkat nasional dan internasional," pungkasnya. (rls/vry)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: