Pelepasan Tukik Hiasi Kopdargab IC Sumbar dan Riau

Jumat, 24 Agustus 2018, 17:47 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Pelepasan Tukik Hiasi Kopdargab IC Sumbar dan Riau
Anggota IC Chapter Sumbar dan Riau, melepas tukik di Pantai Kata, Pariaman, 18 Agustus 2018 lalu. Sebanyak 60 anggota IC beserta keluarga, ikut dalam kegiatan kopi darat gabungan ini. (istimewa)

VALORAnews - Komunitas pengguna Toyota Innova yang tergabung dalam Innova Community (IC) Chapter Sumbar dan Riau, gelar kopi darat gabungan (Kopdargab), 18-19 Agustus 2018. Sedikitnya, 60 orang member beserta keluarga, ikuti agenda touring ke Lembah Harau dan Kota Pariaman.

Selain touring, Kopdargab ini juga mengagendakan pelepasan tukik (anak penyu-red) ke laut lepas di Pantai Kata, Kota Pariaman. Selain itu, juga disertai penyuluhan dari petugas Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pariaman.

"Tujuan kita melepas anak penyu tersebut, untuk mengajarkan keluarga dan anak-anak kita agar lebih peduli terhadap alam salah satunya terhadap penyu yang merupakan hewan dilindungi," ungkap Ketua IC Chapter Sumbar, Kartika Candra Yulianto, dalam siaran pers yang diterima, Jumat (24/8/2018).

Rute Kopdargab ini dimulai IC Riau pada 17 Agustus 2018 siang. Rombongan berangkat dari Pekanbaru menuju Pantai Kata, Pariaman. Sedangkan IC Sumbar bergerak 18 Agustus 2018 pagi, dari Padang menuju Pantai Kata. Agenda utama di objek wisata ini, melepas tukik dengan didampingi beberapa orang penyuluh dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pariaman.

Baca juga: Bupati Pessel Lepas 100 Ekor Tukik di Sutera

Usai dari Pariaman, mereka menuju lokasi kedua, Lembah Harau di Kabupaten Limapuluh Kota, dengan melewati jalur Sungai Limau, Tiku, Lubukbasung dan Maninjau. Di lokasi ini, rombongan singgah di pinggir danau dan Kelok 44, untuk menikmati keindahan alam sekaligus berburu durian.

Pemberhentian terakhir adalah di Lembah Harau guna menikmati keindahan alam di sana. "Di Harau, kita bermalam di homestay Area Harau dan berkumpul bersama keluarga. Acara malamnya, selain berwisata kuliner, kita juga bakar-bakar jagung untuk menikmati malam sekalian menambah keakraban keluarga IC Riau dan Sumbar," ungkap Kartika Candra Yulianto.

Keesokan harinya, setelah sarapan pagi, rombongan bermain ke atas dan bawah air terjun Harau, mengayuh sampan, dan wahana lainnya yang tersedia di sana. Di lokasi ini, anak-anak dan keluarga dari dua Chapter IC semakin akrab, karena menginap di tempat yang sama.

"Hal ini sesuai dengan tujuan Kopdargab kami, yakni memperkuat hubungan silaturahmi," ungkap dia sembari menyebutkan tagline komunitas IC, "We are not club, we are family."

Baca juga: Wabup Pasbar Lepas 100 Ekor Tukik Bersama Penggiat Konservasi Penyu Maligi

Setelah itu acara ditutup dengan makan siang bersama dan membeli oleh-oleh di Kota Payakumbuh. Selanjutnya pulang kembali ke Pekanbaru maupun ke Padang.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: