Gempabumi 4,0 SR Menggoyang Kota Padang

Senin, 20 Agustus 2018, 19:10 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Gempabumi 4,0 SR Menggoyang Kota Padang
Episenter gempa berkuatan 4,0 SR yang terjadi di perairan Kota Padang, Senin (20/8/2018) pukul 17.25 WIB. (istimewa)

VALORAnews - Gempabumi tektonik mengguncang wilayah Padang dan Pesisir Selatan, Senin (20/8/2018). Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempabumi terjadi pada pukul 17.25 WIB dengan kekuatan 4,0 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 0.89 LS dan 100.22 BT, pada kedalaman 10 km, 32 km Tenggara Pariaman.

"Dari laporan masyarakat gempa dirasakan II MMI di Kota Padang, I-II MMI di Pesisir Selatan. Hingga laporan ini disusun pukul 18.00 WIB belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai diimbau, agar tidak terpancing isu karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," ungkap Plt. Kepala Stasiun Geofisika Klas I Padangpanjang, Fajar Dwi Prasetyo dalam siaran pers yang diterima.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, terang dia, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar bawah laut (sea floor faulting) yang terdapat antara Siberut dan Pantai Barat Sumatera Barat.

"Analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu penyesaran mendatar. Mekanisme sumber ini sesuai dan relevan dengan kondisi sesar bawah laut yang memiliki pergerakan mendatar di kedalaman 10 km di daerah tersebut," terang Fajar. (kyo)

Baca juga: Ini Prakiraan Cuaca di 4 Objek Wisata Pantai Unggulan di Sumbar dari Sabtu Pagi hingga Sore

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: