Pagi Ini Macet Hiasi Pasar Padanglua, Silaing dan Sumani

Minggu, 17 Juni 2018, 11:42 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Pagi Ini Macet Hiasi Pasar Padanglua, Silaing dan Sumani
Kondisi macet di kawasan Silaing, Padangpanjang pada Ahad (17/6/2018) atau H+3 libur lebaran Idul Fitri 1439 H sekitar pukul 11.00 WIB. (istimewa).

VALORAnews - Macet mulai hiasi sejumlah ruas jalan menuju ibukota provinsi Sumbar, Ahad (17/6/2018) atau H+2 libur lebaran Idul Fitri 1439 H. Terpantau, macet yang mengular terjadi di kawasan Silaing (Padangpanjang), Sumani (Solok) dan Pasar Padangluar (Agam).

"Kita akan berupaya keras agar tidak terjadi sumbatan arus lalu lintas yang menyebabkan kendaraan terkunci karena macet," ungkap Dir Lantas Polda Sumbar, Kombes Pol Singgamata, Ahad pagi.

Rezki Rifai, yang tengah dalam perjalanan dari Bukittinggi menuju Padang, mengaku tengah terjebak macet di kawasan Silaing sekitar pukul 11.00 WIB. Dia memperkirakan, macet sudah lama terjadi mengingat antrian kendaraan sudah sampai ke tanjakan Silaing.

"Jalannya beringsut-ingsut. Tapi lumayan lah, tak separah lebaran tahun lalu yang nyaris tak bergerak," terang Rezki melalui pesan whatsapp seputar macet di kawasan Silaing yang dipicu pemandian di Megamendung dan objek wisata Air Terjun Lembah Anai.

Baca juga: BUPATI PESSEL Instruksikan Camat untuk Tertibkan Pengemis Sumbangan di Jalanan

Berdasarkan pengamatan di kejadian tahun-tahun sebelumnya, macet di kawasan Megamendung ini disebabkan kendaraan yang berbelok memasuki atau keluar dari area pemandian yang dikelola masyarakat di kawasan itu. Kemudian, kendaraan yang berbelok ke lokasi parkir di objek wisata Air Terjun Lembah Anai.

Setiap kali ada kendaraan yang berbelok inilah yang kemudian memicu terjadinya penumpukan kendaraan yang akhirnya menjadi kemacetan. Sementara, di lokasi ini (dekat Kelok Paragede) selalu didirikan pos Operasi Ketupat setiap tahunnya.

Sementara, macet di Sumani menuju Singkarak, disebabkan pada Ahad ini merupakan hari pasar. Banyak warga setempat yang berkunjung ke pasar yang berada di pinggir jalan tersebut.

"Macet disebabkan banyaknya warga yang akan berwisata ke Danau Singkarak dan hari ini hari pasar pula di Sumani," terang Naldi, warga Sumani melalui pesan whatsapp.

Baca juga: Apel Perdana Pascalebaran, Hansastri: Terapkan Disiplin dan Siap Bekerja Dimana Saja

Sementara, Pasar Padangluar juga dipadati kendaraan warga yang berkemungkinan akan mengisi libur lebaran ke sejumlah objek wisata di sekitaran Bukittinggi, Agam, Tanahdatar dan Padangpanjang.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: