Sapi Kurban Presiden Jokowi untuk Sumbar Seberat 1052 Kg

Rabu, 19 Juni 2024, 15:35 WIB | Provinsi Sumatera Barat
Sapi Kurban Presiden Jokowi untuk Sumbar Seberat 1052 Kg
Gubernur Sumbar, Mahyeldi didampingi Aidy Joinaldy (Wagub) serahkan sapi kurban presiden pada pengurus Masjid Raya Sumbar, usai shalat Idul Adha, Senin pagi. (humas)

PADANG (17/6/2024) -- Presiden Joko Widodo ikut berkurban di Sumatera Barat pada 10 Dzulhijjah 1445 H ini. Sapi kurban presiden berupa sapi jenis simental dengan berat 1,052 ton.

"Sapi bantuan Presiden Joko Widodo ini, akan disembelih dan dibagikan dagingnya oleh pengurus Masjid Raya Sumbar pada masyarakat sekitar," kata Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi di Padang, Senin.

Baca juga: Festival Budaya Marandang Minangkabau 2024, Gubernur: Jangan Hanya Tahu Lezat, Tak Tahu Membuatnya

Hal itu disampaikan Mahyeldi usai menyerahkan sapi qurban bantuan presiden pada pengurus Masjid Raya Sumbar.

Selain itu, Gubernur juga menyatakan untuk tahun ini seluruh ASN di lingkup Pemprov Sumbar serta BUMD juga berqurban total 78 ekor sapi dan lima ekor kambing.

Baca juga: Literasi Masyarakat Sumbar Nomor 4 Tertinggi Nasional, Ini Harapan Mahyeldi

Mahyeldi menyampaikan, bantuan kemasyarakatan Presiden berupa sapi qurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah memang disalurkan ke seluruh provinsi di Indonesia.

"Termasuk kita di Sumbar, tahun ini juga menerima bantuan satu ekor sapi dari Bapak Presiden. Tentu ini patut kita syukuri karena Bapak Presiden setiap tahun konsisten memberikan bantuan sapi qurban untuk Sumbar dan seluruh provinsi lainnya," ucap dia.

Baca juga: Sumbar Miliki 368 Nagari Mandiri, 10 Berstatus Teringgal

Di samping itu, Mahyeldi juga menyebut, pada tahun ini gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemprov Sumbar juga ikut berqurban sebanyak 68 ekor sapi. Lima di antaranya adalah kambing.

Selain itu, BUMD juga berqurban 10 ekor sapi, yang semuanya disebarkan ke berbagai daerah di Sumbar, terutama sekali ke daerah yang terkenabencana alam dan daerah-daerah terpelosok.

Baca juga: Mahyeldi: Teladani Rasulullah Berarti Telah Mengimplementasikan Core Value Ber-Akhlak

"Atas nama Pemprov Sumbar, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden, ASN, dan BUMD yang sudah berqurban untuk membantu warga masyarakat Sumbar," ucapnya.

Penyerahan Sapi Qurban Presiden RI tersebut, Mahyeldi didampingi Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy; Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, Sukarli; Kepala Biro Kesra Sumbar, Al Amin dan Kepala Biro Adpim Sumbar, Mursalim. (adv)

Baca juga: Sumbar Siapkan Bonus Rp250 Juta untuk Peraih Emas PON XXI Aceh-Sumut

Editor: Mangindo Kayo

Bagikan: