270 Siswa SMA DB Ikuti Studi Budaya ke Kawasan Seribu Rumah Gadang

Minggu, 25 Maret 2018, 16:08 WIB | Kabar Daerah | Kab. Solok Selatan
270 Siswa SMA DB Ikuti Studi Budaya ke Kawasan Seribu Rumah Gadang
Ratusan pelajar SMA Don Bosco tengah melakukan bercocok tanam di sawah. Ini merupakan sebagai rangkaian materi kegiatan study budaya ke Solok Selatan selam dua hari, 23-24 Maret 2018 ini. (diky lesmana/valoranews)

VALORAnews - Sekitar 270 pelajar Sekolah Menengah Atas Don Bosco (SMA DB) Padang, gelar study budaya ke Kabupaten Solok Selatan, Jumat hingga Sabtu (23-24/3/2018). Kegiatan yang digelar dua hari itu berpusat di Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) Muara Labuh.

Kepala Seksi Promosi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solok Selatan, Candra Dewi mengatakan, kedatangan para pelajar SMA Don Bosco Padang ini ke kawasan SRG Solok Selatan merupakan kunjungan study budaya.

"Pada hari pertama, kegiatan pelajar ini diperkenalkan dengan tari tradisi dan budaya Solok Selatan. Sekaligus mereka juga langsung mempratekannya," ungkap Candra Dewi.

Kemudian, ratusan pelajar ini juga dikenalkan dengan silsilah dan sejarah berdirinya rumah gadang dengan berbagai jenis dan usia yang ada di kawasan SRG. Para pelajar ini diajak keliling di kawasan SRG dengan tujuan bisa mencermati satu per satu dari rumah gadang ini.

Baca juga: DPRD Solsel Konsultasikan Pelaksanaan Tindak Lanjut Rekomendasi DPRD atas LKPj Kepala Daerah

"Termasuk pengenalan terhadap barang-barang peninggalan lama yang masih utuh terdapat dibeberapa rumah gadang serta benda-benda pusaka peninggalan leluhur," jelasnya.

Dihari kedua, pelajar ini diberikan materi outbond di lapangan sepak bola Koto Baru. Setelah outbond, para pelajar ini merasakan sensasi bercocok tanam di sawah secara langsung.

"Materinya pun mulai dari membajak sawah, mencangkul hingga menanam bibit padi. Kegiatan ini, paling diminati sekali oleh para pelajar tersebut," katanya.

Terakhir, kegiatan para pelajar ini berakhir di objek wisata olahraga body rafting atau yang biasa disebut tubing. Lokasinya di tubing Ducati Pauh Duo.

Baca juga: Pansus LKPj Kepala Daerah DPRD Solsel Kunjungan ke DPRD Provinsi, Ini Kata Sekwan

Sementara itu, salah satu peserta, Citra mengatakan, senang berkunjung ke Solok Selatan ini. Selain memiliki budaya yang kental. Solok Selatan juga memiliki keindahan alam nan elok.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: