Listrik Pelabuhan Teluk Tapang Bisa Dipasok dari PLTB Mandailing Natal

Sabtu, 10 Maret 2018, 19:23 WIB | Wisata | Kab. Pasaman Barat
Listrik Pelabuhan Teluk Tapang Bisa Dipasok dari PLTB Mandailing Natal
Wagub Sumbar, Nasrul Abit berdialog dengan Syahiran (Bupati Pasaman Barat) serta Kementrian ESDM, terkait rencana pengembangan Pelabuhan Teluk Tapang, di Pasaman Barat, Jumat (9/3/2018). (humas)

VALORAnews - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit bersama Syahiran (Bupati Pasaman Barat) serta Kementrian ESDM, membahas potensi pasokan listrik berbasis energi baru dan terbarukan (EBT) bagi pengembangan Pelabuhan Teluk Tapang, di Pasaman Barat, Jumat (9/3/2018).

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi ESDM, Yunus Syaifulhaq menjelaskan, pasokan energi listrik Teluk Tapang dapat dipasok dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTB) Mandailing Natal, Sumatera Utara.

"PLTPB tersebut sudah membor 14 sumur dan sudah siap untuk menggerakkan turbin berkapasitas 60 MW dari 500 MW yang direncanakan. Tahun ini, ditargetkan sudah bisa memproduksi listrik 40 MW," ungkap Yunus.

Sementara, di Pasaman, juga sudah ada perusahaan yang akan mengembangkan PLTPB Cubadak dengan potensi 60 MW dan PLTB Bonjol dengan kapasitas 200 MW.

Baca juga: Kajati Sumbar Pimpin Rombongan Meninjau Pengerjaan Jalan Utama Pelabuhan Teluk Tapang

Selain itu, ungkap Yunus, pasokan listrik bagi Pelabuhan Teluk Tapang, dengan membangun jaringan listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Agam.

Sehari sebelumnya, Kepala Badan Litbang ESDM bersama Kepala Bappeda, Kepala Dinas Perhubungan Setdakab Pasaman Barat dan perwakilan PT Pelindo II, meninjau lokasi pelabuhan Teluk Tapang, untuk mengetahui secara detil kondisi saat ini dan rencana pengembangannya.

Berdasarkan peninjauan tersebut, disimpulkan untuk membangun infrastruktur jalan dan listrik dibangun terlebih dulu, agar pelabuhan dapat beroperasi lebih cepat.

Kepala Badan Litbang ESDM, FX Sutijastoto menjelaskan, pengembangan Pelabuhan Teluk Tapang akan mendorong pembangunan perekonomian dan membuka pasar energi. Aset pelabuhan ini bisa dikembangkan setelah dikaji bersama PT Pelindo II.

Baca juga: PT GMK Sewa Dermaga Pelabuhan Teluk Tapang, Ini Kata Mahyeldi

"Apabila pelabuhan ini dioperasikan dan berkembang, manfaat ekonominya cukup besar," terang Sutijastoto.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: