Akomodir Anggaran Perbaikan Pasar yang Terbakar: Nasrul Abit Apresiasi DPRD Bukittinggi yang Tunda Pengesahan APBD

Jumat, 17 November 2017, 23:16 WIB | News | Kota Bukittinggi
Akomodir Anggaran Perbaikan Pasar yang Terbakar: Nasrul Abit Apresiasi DPRD Bukittinggi...
Wagub Sumbar, Nasrul Abit didampingi Irwandi (Wawako Bukittinggi) serta pejabat lainnya, meninjau lokasi kebakaran Pasar Konveksi Aur Kuning di Gedung G, Jumat (17/11/2017) dinihari. (humas)

VALORAnews -- Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengharapkan, jangan ada isu-isu yang menyesatkan masyarakat terkait terbakarnya Pasar Konveksi Aur Kuning, Jumat (17/11/2017) dinihari.

"Kita serahkan semua ke pihak kepolisian, untuk melakukan tugasnya dalam menyelidiki pemicu kebakaran. Mari kita jaga bersama keamanan dan ketentram hidup masyarakat di Kota Bukitinggi," harap Nasrul Abit disela-sela meninjau pemadaman kebakaran Pasar Aua Kuniang Bukittinggi yang terbakar sejak Jumat dinihari, sekitar pukul 04.30 WIB.

Kehadiran Wagub Nasrul Abit dan rombongan bertepatan saat akhir padamnya titik-titik api di lokasi kebakaran di Gedung G. Ikut mendamping dalam kegiatan ini, Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi, Kadis Sosial Abdul Gafar, Ka Satpol PP Zul Aliman, Sekdako Yuen Karnova serta beberapa OPD terkait.

Nasrul Abit juga meminta agar seluruh gedung lama yang ada, termasuk juga bangunan pasar yang dibangun sebelum tahun 80-an, dilakukan pemeriksaan instalasi listriknya, oleh pihak-pihak terkait. Apakah masih layak atau perlu diganti, termasuk perlunya menambahkan pemasangan instalasi air hidran seperti gedung-gedung yang dibangun saat ini.

Baca juga: Mahyeldi Imami Shalat Jenazah Nasrul Abit hingga Pimpin Prosesi Penguburan di Air Haji

Saat ini, sedang dilakukan inventarisir kerusakan yang terjadi oleh Pemko Bukittinggi. Laporan sementara, sebanyak 136 petak kios dan lapak pedagang yang terbakar. Hasil pemikiran sementara, ada kemungkinan pedagang yang lapak dan kiosnya terbakar akan dipindahkan sementara di Blok J di Pasar Aur Kuning.

Namun sebelum itu dilakukan, perlu melibatkan pemilik toko, agar tidak terjadi salah persepsi antara pemerintah dengan masyarakat. "Kita tidak berharap ada demo-demoan, duduk bersama membahas segala persoalan lebih baik dan lebih efektif," saran Nasrul Abit.

Pemko Bukittinggi diharapkan, segera membuat laporan baik ke gubernur Sumatera Barat, juga kepada pemerintah pusat, Presiden dan Wakil Presiden untuk menindak lanjuti bagaimana pembangunan kedepannya, baik untuk kepentingan masyarakat dan baik juga untuk kemajuan pembangunan di Kota Bukittinggi.

Nasrul Abit juga mengapresiasi Ketua DPRD Bukittinggi, yang menunda penetapan APBD 2018 agar segera menyusun anggaran untuk ikut kembali memperbaiki atau membangun kembali Pasar Aua Kuniang ini pada 2018.

Baca juga: Hakim MK Putuskan Nasrul Abit-Indra Catri Tak Bisa Buktikan Sangkaan ke Paslon 04

"Kita berharap saja tim investigasi, penelitian kerusakan Pasar Aua Kuniang ini segera dapat memperlihatkan hasil analisis dan kajian baik kondisi gedung ataupun perbaikan gedung yang akan dilakukan," terang dia.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: