Panwaslu Kecamatan Limapuluh Kota Dilantik

Senin, 13 November 2017, 17:04 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Panwaslu Kecamatan Limapuluh Kota Dilantik
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi bersama Surya Efitrimen (Ketua Bawaslu Sumbar) dan undangan lainnya, memberikan selamat pada anggota Panwaslu kecamatan yang dilantik Ketua Panwaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Yoriza Asra, Senin (13/11/2017) di aula SMKN
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Bupati Limapuluh Kota, H Irfendi Arbi mengharapkan seluruh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kecamatan di daerah itu, dapat bekerja dengan baik, jujur dan adil. Dengan begitu, pesta demokrasi di daerah ini diyakini akan berjalan aman dan lancar serta terhindar dari konflik.

Hal itu disampaikan Irfendi dalam sambutannya pada acara pengambilan sumpah, pelantikan dan bimbingan teknis Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Limapuluh Kota, di aula SMKN 2 Payakumbuh, Senin (13/11/2017).

"Kita berharap Panwaslu yang sudah dilantik ini bisa bekerja dengan baik dan netral sesuai aturan berlaku. Tak kalah pentingnya, adil dan tidak diskriminatif dalam penyelesaian sengketa yang terjadi dalam penyelenggaraan Pemilu nantinya," ungkap Irfendi.

Dikatakan, Panwaslu mempunyai tugas mengawal tahapan Pemilu sesuai praturan perundangan-undangan yang berlaku. Panwaslu itu tak obahnya wasit yang mengawasi sebuah pertandingan.

Baca juga: 10 Nagari di Salingka Danau Maninjau Rekrut Calon PKD, Ini Kata Panwaslu Kecamatan Tanjung Raya

"Kita berharap keberadaan Panwaslu Kecamatan dapat meminimalisir permasalahan dalam pelaksanaan Pemilu nantinya. Dengan begitu pesta demokrasi itu terlaksana dengan suskes dan lancar," ulang Irfendi.

Irfendi mengingatkan, untuk kelancaran tugasnya, pengawas pesta demokrasi itu perlu senantiasa berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk pihak pemerintahan kecamatan dan kabupaten. Tak kalah pentingnya, semua pihak di daerah ini harus mendukung pelaksanaan tugas Panwaslu, termasuk pemerintah kabupaten dan kecamatan.

"Saya minta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik untuk bisa mengakomodir keperluan Panwaslu seperti penyediaan kantor sekretariatnya. Begitu juga dengan para camat, saya harapkan bisa membantu Panwaslu di kecamatan masing-masing," ujar Irfendi.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Sumbar, Surya Efitrimen menuturkan, untuk sukseskan Pemilu serentak 2019, masyarakat perlu mematuhi aturan pesta demokrasi tersebut. Menurutnya, dalam Pemilu serentak itu nantinya akan banyak hal yang menjadi pengalaman baru bagi masyarakat dan penyelenggara Pemilu itu sendiri.

Baca juga: PEMILU 2024; Panwaslu Kecamatan Baso Terima Pengawas Desa, Ini Link Contoh Lamaran

Bila sebelumnya terdapat empat kotak suara yang masing-masingnya terdiri dari DPRD Kabupaten/kota, DPRD Provinsi, DPD dan DPR, maka pada Pemilu Serentak mendatang juga akan ada kotak suara buat pemilihan presiden. Artinya, tingkat permasalahan atau dinamika Pemilu serentak mendatang itu akan berbeda dari pemilu sebelumnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: