Dirjen Dukcapil Puji Pelayanan Disdukcapil Limapuluh Kota

Minggu, 05 November 2017, 20:15 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Dirjen Dukcapil Puji Pelayanan Disdukcapil Limapuluh Kota
Bupati Limapuluh Kota, H Irfendi Arbi menyerahkan cenderamata pada Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh di pendopo rumah dinas bupati, Sabtu (4/11/2017). (humas)

VALORAnews - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh mengapresiasi pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Limapuluh Kota. Menurutnya, tidak ada yang perlu dikritik dengan pelayanan Disdukcapil daerah ini.

"Saya puas dan gembira dengan sistem pelayanan termasuk kondisi ruangan pelayanan Disdukcapil Kabupaten Limapuluh Kota. Saya rasa tidak ada yang perlu dikritik dengan pelayanan Disdukcapil ini," ungkap Zudan di hadapan para Kepala Disdukcapil se-Provinsi Sumatera Barat serta delapan kepala Disdukcapil luar Sumatera Barat, di ruang pelayanan Disdukcapil Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (5/11/2017).

Pujian itu tentu cukup beralasan. Sebab, Disdukcapil daerah ini telah menyuguhkan pelayanan seperti di perbankan yang menerapkan sistem loket dengan membuka 10 loket. Penyelesaian setiap dokumen, sudah tuntas dalam waktu tidak sampai satu jam, sepanjang persyaratan lengkap dan elemen datanya sama.

Selain itu, ruangan pelayanan Disdukcapil yang berlokasi di lokasi eks kantor Bupati Limapuluh Kota ini juga memiliki ruang tunggu yang cukup luas dan berisikan berbagai sosialisasi, imbauan serta ajakan untuk pengurusan administrasi kependudukan. Tak kalah menariknya, di dinding ruangan pelayanan juga memajang foto keindahan objek wisata unggulan daerah ini.

Baca juga: Tinjau Fasilitas Dinas Dukcapil Mentawai, Fernando: Jangan Biarkan Masyarakat Menunggu Lama

"Saya merasa senang dan nyaman berada di ruangan pelayanan Disdukcapil Kabupaten Limapuluh Kota ini. Sebab, ruangan cukup apik dan menarik. Lebih menyenangkannya di sini juga ada foto keindahan objek wisata daerah yang sekaligus jadi ajang promosi wisata," tutur Zudan sembari menyebut gedung itu cukup memenuhi syarat sebagai ruangan pelayanan.

Dikesempatan itu, Zudan juga mengaku senang dengan program jemput bola yang diterapkan Disdukcapil Limpuluh Kota ke nagari-nagari dan sekolah-sekolah sebagai upaya optimalisasi layanan dokumen kependudukan, terutama bagi warga yang mengalami keterbatasan fisik.

Zudan juga mengapresiasi pelaksanaan perekaman KTP elektronik di Kabupaten Limapuluh Kota yang telah mencapai 94 persen dan pencapaian akte kelahiran yang berada pada angka 82,86 persen. Namun, khusus untuk pencapaian akte kelahiran, Dirjen berharap tahun ini bisa mencapai 85 persen.

"Saya senang dengan pelaksanaan pelayanan dokumen kependudukan di daerah ini. Saya yakin Limapuluh Kota bisa terus berinovasi dalam hal pelayanan administrasi kependudukan ini," ulang Zudan sembari mengatakan ia sengaja datang ke daerah-daerah untuk memastikan pelayanan Disdukcapil berjalan sesuai harapan.

Baca juga: Disdukcapil Bukittinggi Sosialisasikan Layanan Kependudukan Berbasis Online

Sebelumnya, Bupati Limapuluh Kota, H Irfendi Arbi didampingi Kepala Disdukcapil Kabupaten Limapuluh Kota Afrizal Aziz, ketika menerima kedatangan Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh di pendopo rumah dinas bupati menuturkan, pihaknya terus berusaha melakukan upaya peningkatan kinerja Disdukcapil daerah ini dalam rangka mewujudkan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Targetnya, penyelesaian pengurusan administrasi kependudukan itu tidak lebih dari satu jam.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: