Baznas Jalin Kerjasama dengan Ormas Islam Atasi Kelangkaan Mubaligh

Senin, 30 Oktober 2017, 13:13 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Baznas Jalin Kerjasama dengan Ormas Islam Atasi Kelangkaan Mubaligh
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi menyaksikan penantanganan MoU Baznas dengan tiga Ormas Islam, terkait pelatihan selama 52 kali pertemuan bagi ustad dan dai di daerah itu, kemarin. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORnews - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Limapuluh Kota, melakukan penandatanganan kesepakatan bersama (Memorandum Of Understanding) dengan pimpinan tiga Organisasi Massa (Ormas) Islam di daerah setempat. Tujuannya untuk menciptakan mubalig terutama untuk khatib shalat Jumat.

Dalam kerjasama itu, pihak Ormas Islam yang masing-masingnya Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Pimpinan Cabang NU dan Pimpinan Cabang Tarbiyah Perti Kabupaten Limapuluh Kota, merekrut 40 orang calon mubalig, untuk berikutnya melakukan pelatihan selama 52 kali pertemuan. Sedangkan Baznas berperan sebagai pihak yang membiayai seluruh kegiatan pengkaderan mubalig tersebut.

Bupati Limapuluh Kota, H Irfendi Arbi dalam sambutannya mengapresiasi kerjasama Baznas dengan sejumlah Ormas Islam tersebut. Ia berharap, dari kerjasama itu akan lahir para mubalig-mubalig besar di daerah ini.

"Kerjasama pelatihan mubalig antara Baznas dengan tiga Ormas Islam ini merupakan sebuah inovasi atau terobosan yang patut diapresiasi. Kita berharap kerjasama antar Ormas tersebut bisa ditiru oleh daerah lain atau di tingkat nasional," ungkap Irfendi usai menyaksikan penandatanganan MoU itu di pendopo rumah dinas bupati di Labuah Basilang Payakumbuh.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

Menurut Irfendi, bidang keagamaan merupakan salahsatu visi dan misi utama Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota. Terkait dengan pengumpulan zakat umat, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota selama ini cukup mendukung sarana dan prasarana serta pembiayaan operasional Baznas.

"Untuk mendukung kegiatan Baznas, kita telah menyediakan mobilitas dan honor bagi para pengurusnya. Ini bukti kita konsisten mendukung program-program Kebangkitan Zakat di Kabupaten Limapuluh Kota" tutur Irfendi.

Hal itu dibenarkan Ketua Baznas Kabupaten Limapuluh Kota, Desemberi P Chaniago didampingi anggota lainnya H Nursal dan Akmul DS. Menurut Desembri, Irfendi berupakan bupati yang konsisten mendukung Baznas. Dinilai aktif mendukung kebangkitan Zakat Nasional, Irfendi sukses mendapatkan penghargaan dari Baznas Republik Indonesia tahun 2017.

"Penghargaan Baznaz Award tahun 2017 itu diserahkan Ketua BAZNAS Rl Bambang Sudibyo pada malam puncak Baznas Award 2017 di aula kantor Kementerian Agama Rl Jakarta, pada Agustus lalu. Irfendi tampil jadi bupati satu-satunya yang mendapatkan penghargaan kategori penghargaan khusus bupati pendukung kebangkitan zakat tersebut, disamping satu orang wali kota dan seorang gubernur lainnya di Indonesia," ujar Desembri.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

Terkait pelatihan mubalig yang digelar tiga Ormas Islam bekerjasama dengan Baznas, Desemberi menyebut, untuk mendukung kegiatan itu dengan menyalurkan dana sebesar Rp110,8 juta. Dengan adanya kerjasama Baznas dengan Ormas Islam itu diharapkan ke depan tidak ada lagi masalah keberadaan mubalig.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: