Kata Nasrul Abit, Pemuda Tak Mewarisi Abu tapi Api Sumpah Pemuda

Senin, 30 Oktober 2017, 11:58 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Kata Nasrul Abit, Pemuda Tak Mewarisi Abu tapi Api Sumpah Pemuda
Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit jadi inspektur upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2017 di halaman kantor gubernur, Senin (30/10/2017), (humas)

VALORAnews - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menegaskan, para pemuda di Sumbar tidak mewarisi abu Sumpah Pemuda. Melainkan, pemuda harus mewarisi Api Sumpah Pemuda.

"Kalau sekadar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa, satu tanah air. Tapi, ini bukan tujuan akhir," ujar Nasrul Abit mengutip pesan Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno pada saat memimpin upacara peringatan hari sumpah pemuda di lapangan kantor gubernur Sumbar, Senin (30/10/2017).

Nasrul Abit juga berpesan, agar setiap elemen masyarakat tidak terpecah-belah, hanya karena berbeda paham, suku dan golongan. Generasi muda sekarang, terangnya, sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang canggih dan kemudahan lainnya. "Jangan ada perpecahan yang memecah belah bangsa dan kesatuan negara Republik Indonesia," terangnya.

"Sudah saatnya pemuda pemudi bangkit dan sadar akan apa yang ada sekarang. Banyak perpecahan dimana-mana. Itu disebabkan oleh tidak bersatunya hati dan pikiran. Sehingga, paham-paham yang ada, membentuk sebuah golongan-golongan dan menjadi egois," tambah Nasrul Abit.

Baca juga: Bukittinggi Gelar Upacara Sumpah Pemuda ke-95, Ini Pesan Marfendi

"Kita seharusnya malu pada para pemuda 1928 dan juga pada Bung Karno karena masih harus berkutat di soal-soal ini saja. Untuk itu pemuda Indonesia harus berani bersatu."

Nasrul Abit juga mengajak, setiap elemen masyarakat agar tidak terlibat dalam perdebatan-perdebatan yang mengacu pada perpecahan. (kyo/rls)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: