Pesantren Ramadhan Ditandai dengan Pemukulan Gong

Kamis, 02 Juli 2015, 17:11 WIB | News | Kota Payakumbuh
Pesantren Ramadhan Ditandai dengan Pemukulan Gong
Wako Payakumbuh, Riza Falepi memukul gong tanda dimulainya Kegiatan Pesantren Ramadhan 1436 H/ 2015 M di Kota Payakumbuh, Kamis (2/7/2015). (Humas Pemko Payakumbuh)

VALORAnews - Kegiatan Pesantren Ramadhan 1436 H/ 2015 M di Kota Payakumbuh, resmi dibuka Kamis (2/7/2015). Kegiatan ini akan berlangsung pada 4-13 Juli 2015. Ditandai dengan pemukulan gong oleh Walikota Payakumbuh, Riza Falepi di lapangan Kubu Gadang, Payakumbuh Timur.

Sedikitnya, 35 ribu pelajar, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA serta guru pembimbing, ikut dalam apel akbar pembukaan pesantren Ramadhan tahun ini. Pembukaan oleh wali kota ini, juga disaksikan langsung Kepala Kantor Kemenag Payakumbuh, Asra Faber, Hasan Basri Sy (Kadis Pendidikan Payakumbuh), Ahmad Zifal (Anggota DPRD Payakumbuh) serta Yoherman (Asisten I) dan Amriul Dt Karayiang (Asisten II).

Dalam sambutannya, Riza menekankan pemahaman tentang pentingnya nilai-nilai agama, dalam kehidupan. Apalagi, adat istiadat di Minangkabau menjadikan agama Islam sebagai landasan. "Mari kita bersama-sama ciptakan generasi yang berkarakter dan cerdas beragama. Sesuai dengan adat istiadat Minang, yang mempunyai azas Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi kitabullah," kata Riza.

Selain itu, tambah Riza, kegiatan Pesantren Ramadhan diharapkan dapat meningkatkan ketakwaan siswa, pengembangan kepribadian yang berakhlak mulia serta mengembangkan keterampilan bersosialisasi. "Jadi bukan sebagai kegiatan rutin tahunan semata, namun dapat mengubah perilaku dan pola pikir generasi Payakumbuh jadi lebih baik," sebutnya lagi. (relis)

Baca juga: 75 WRSE Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Angkatan IX, Supardi: Jadilah Motor Penggerak Ekonomi Payakumbuh

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: