Kualitas Guru TPQ/TQA dan MDT di Padang Terus Ditingkatkan

Selasa, 15 Agustus 2017, 18:02 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Kualitas Guru TPQ/TQA dan MDT di Padang Terus Ditingkatkan
Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo menyerahkan workshop kits pada peserta pelatihan bagi guru TPQ/TQA dan MDT di Padang, Selasa (15/8/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Para guru Taman Pendidikan al Quran (TPQ/TQA) dan Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) di Kota Padang terus dimantapkan. Tak hanya dalam hal kesejahteraan, peningkatan kualitas bagi pendidik dan pengajar ilmu-ilmu keislaman ini pun terus diupayakan.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemko Padang melalui Bagian Kesra yakni menggelar workshop dengan diikuti 240 orang yang terbagi dari guru TPQ/TQA dan MDT. Pelatihan yang dilangsungkan selama dua hari, Selasa-Rabu (15-16/8/2017) ini, dibuka Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo, Selasa (15/8/2017). Turut hadir dalam kesempatan itu Kepala Kantor Kemenag Padang Japeri serta pihak terkait lainnya.

Mahyeldi mengatakan, eksistensi TPQ/TQA dan MDT sangat penting dalam membekali generasi muda melalui ilmu-ilmu keagamaan yang terkait dengan pembinaan mental dan spiritual.

"Atas nama Pemerintah Kota Padang, kami sangat berterima kasih atas jasa bapak/ibu guru TPQ/TQA dan MDT. Semoga setiap bentuk pengorbanan yang kita lakukan dengan niat ikhlas ini, dibalasi pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT," ungkap Walikota dalam sambutannya sewaktu membuka kegiatan yang dilangsungkan di salah satu hotel berbintang di Padang itu.

Baca juga: Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Sumbar Cetak Hattrick

Mahyeldi melanjutkan, melalui workshop tersebut sangat diharapkan, semua guru TPQ/TQA dan MDT di Padang secara bertahap akan jadi pendidik yang profesional. Sehingga melaksanakan fungsi secara efektif dalam penyelenggaran pendidikan al Quran.

"Peningkatan mutu, kualitas pembinaan dan pengelolaan pendidikan harus terus ditingkatkan bagi masing-masing TPQ/TQA dan MDT. Upaya ini demi terciptanya para generasi muda qurani yang senantiasa beriman dan bertakwa kepada Allah Swt," seru walikota agamis ini memotivasi.

Sementara, Kepala Bagian Kesra, Jamilus menyebutkan, workshop tersebut diikuti 240 orang terbagi guru TPQ/TQA sebanyak 160 orang dan guru MDT 80 orang.

"Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kemampuan guru TPQ/TQA dan MDT, terutama sekali dalam membaca kitab suci al Quran sesuai ilmu tajwid yang mutawatir," terangnya.

Baca juga: Granat Sumbar: Gerakan Anti Narkoba Layak Masuk Kurikulum Muatan Lokal di Setiap Satuan Pendidikan

Jamlilus menambahkan, dalam workshop tersebut peserta akan ditempa dengan beberapa materi penting dari beberapa narasumber.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: