Polda Sumbar Musnahkan BB Narkoba: Kejahatan Narkoba Setara Terorisme

Selasa, 15 Agustus 2017, 17:59 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Polda Sumbar Musnahkan BB Narkoba: Kejahatan Narkoba Setara Terorisme
Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal bersama Walikota Padang, Mahyeldi dt Marajo dan unsur Forkopimda lainnya, memusahkan barang bukti narkoba di Pantai Muaro Lasak Padang, Selasa (15/8/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Meskipun termasuk daftar provinsi terendah peredaran narkoba, namun Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal menyebutnya sudah mengkhawatirkan. Pasalnya peredaran narkoba sekarang tidak hanya menyasar kalangan tertentu tetapi juga terkait dengan kejahatan terorganisir seperi terorisme.

"Sumatera Barat berada pada urutan ke-24 di Indonesia untuk kasus narkoba. Ini mengkhawatirkan karena peredaran narkoba terkait dengan kejahatan terorisme dan sindikat lainnya," sebut Irjen Pol Fakhrizal disela pemusnahan barang bukti narkoba di Monumen Merpati Perdamaian, Pantai Padang, Selasa (15/8/2017).

Menurut dia, lebih dari 63 ribu kasus narkoba ditangani Polda dan Badan Nasional Narkotika (BNN) Provinsi Sumatera Barat sejak 2016. Narkoba tersebut terdiri dari jenis ganja dan shabu -shabu serta ekstasi. Daerah penangkapan tersebar di Kota Padang, Pariaman dan Padangpariaman serta beberapa daerah lainnya.

Upaya pemberantasan terus dilakukan, kata Irjen Fakhrizal, selain pencegahan juga telah dilakukan upaya penyergapan dan penangkapan. "Kita komitmen memberantas narkoba, preventif maupun penangkapan," tukasnya.

Baca juga: Kapolda Sumbar Mengonfirmasi Keterlibatan 2 Anak Buah di Perampokan Mobil Jasa Pengisian ATM BRI, Dalangnya masih Didalami

Sementara, Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo, juga ikut melakukan pemusnahan barang bukti narkoba hasil penangkapan Polda Sumbar. Dia menyebut, Pemko Padang sangat serius mendukung perang terhadap narkoba.

Bukti keseriusan tersebut, selain menganggarkan untuk memberantas narkoba melalui Badan Narkotika Kota (BNK) Padang juga melakukan kampanye-kampanye anti narkoba di sekolah-sekolah.

"Kita anggarkan dana kampanye di sekolah-sekolah guna mencegah generasi muda supaya tidak terjerumus pada penyalahgunaan narkoba," ujar Mahyeldi. (rls/vri)

Baca juga: Polda Sumbar Berangkatkan 165 Personel untuk Amankan PSU DPD RI, Ini Tujuannya

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: