Berada di Peringkat Dua Nasional: Gubernur Sumbar Raih Nirwasita Tantra dari Presiden

Rabu, 02 Agustus 2017, 11:17 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Berada di Peringkat Dua Nasional: Gubernur Sumbar Raih Nirwasita Tantra dari Presiden
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menerima penghargaan Nirwasita Tantra dari Presiden RI Joko Widodo pada peringatan Hari Lingkungan Hidup, Rabu (2/78/2017) di Jakarta. (humas)

VALORAnews -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno meraih award Nirwasita Tantra dari Presiden RI Joko Widodo pada peringatan Hari Lingkungan Hidup, Rabu (2/78/2017) di Jakarta. Nirwasita Tantra ini diberikan pada kepala daerah yang memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

"Penilaian dilihat dari program dan praktek di lapangan serta SKLHD yaitu dokumen dan konsep pimpinan daerah tentang Lingkungan Hidup. Tahun 2016 lalu, Sumbar sebagai propinsi terbaik urutan ke tiga se Indonesia. Di 2017 ini, Sumbar propinsi terbaik urutan ke dua se Indonesia. Artinya naik satu tingkat dari tahun sebelumnya," ungkap Irwan Prayitno dalam siaran pers yang diterima.

Di samping itu, penghargaan ini diberikan kepada pemimpin atau kepala daerah yang punya visi misi lingkungan hidup dan dibuktikan dengan program serta kepemimpinan yang berwawasan lingkungan hidup.

"Alhamdulillah, semua target pencapaian terkait lingkungan hidup terpenuhi seperti indeks air dan udara juga kondisi sungai dan hutan. Termasuk pelaksanaan dan praktek ramah lingkungan di berbagai sektor seperti pendidikan, industri dan rumah sakit," terang Irwan.

Baca juga: World Enviroment Day; Kalapas Suliki Ajak WBP Terapkan Lingkungan Bersih

Program dan terobosan kepala daerah di bidang lingkungan hidup seperti kebersihan, kerapian dan juga keasrian lingkungan, sehingga banyak kota dan kabupaten serta sekolah di Sumbar mendapat penghargaan.

"Semua prestasi tersebut menjadikan Sumbar, propinsi yang memperhatikan pembangunan berkelanjutan," tambah Irwan.

Penghargaan di bidang lingkungan hidup ini, menurut Irwan, akan memberi motivasi pada semua pemangku kepentingan, baik di propinsi atau kabupaten/kota untuk terus meningkatkan upaya ramah lingkungan di semua bidang sehingga dapat juga menyejahterakan masyarakat. (rls/kyo)

Baca juga: Forum Bank Sampah Inisiasi Geber Emas untuk Kurangi Sampah Plastik dari Sumbernya

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: