PDIP Dukung Pemanfaatan Dana Haji untuk Bangun Pemondokan

Selasa, 01 Agustus 2017, 21:36 WIB | Wisata | Nasional
PDIP Dukung Pemanfaatan Dana Haji untuk Bangun Pemondokan
Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Utut Adianto, Alex Indra Lukman (Ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar) dan Irfendi Arbi (Bupati Limapuluh Kota dari PDI Perjuangan), saat menghadiri Rakerda se-Sumbar di sebuah hotel di Padang, Selasa (1/8/2017). (istimewa)

VALORAnews - Fraksi PDIP DPR RI mendukung wacana presiden Joko Widodo tentang pemanfaatan dana haji untuk pembangunan pemondokan di Mekkah. Alasannya, daripada dana haji tersebut menganggur di rekening Kemenag, tanpa kejelasan pemakaian, justru nanti berpotensi menimbulkan fitnah.

"Wacana Presiden Joko Widodo, memanfaatkan dana haji untuk pembangunan infrastruktur adalah wacana yang segar," ungkap Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Utut Adianto, usai mengikuti rapat kerja daerah (Rakerda) PDI Perjuangan Sumatra Barat di Kota Padang, Selasa (1/8/2017).

Menurut Utut, fraksinya setuju jika dana haji yang mengendap itu, dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur demi kepentingan umat. Grand Master Catur ini mencontohkan pembangunan pondokan dan jamaah di Mekkah.

"Hal ini akan meringankan beban pemerintah dan ongkos naik haji bisa berkurang, karena tidak perlu menyewa hotel dan penginapan, yang biayanya cukup besar," terang dia.

Baca juga: Terbukti Langgar Anggaran Dasar, Majelis Hakim PN Solok Tolak Gugatan Anggota DPRD Solok dari PDI Perjuangan

"Ini merupakan wacana yang menyegarkan dari Bapak Presiden Jokowi. Daripada dana haji tersimpan begitu saja, kan lebih baik dimanfaatkan untuk pembangunan pemondokan, yang bisa dipakai oleh para jamaah haji kita," tambah Utut.

Pada 26 Juli lalu, Presiden Joko Widodo usai melantik Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) berharap, lembaga itu bisa mengelola keuangan dengan baik dan dana yang ada bisa diinvestasikan. Sehingga, keuntungan yang diperoleh bisa untuk menyubsidi biaya haji di masa mendatang. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: