Kepala Jorong Panjaringan Sediakan Ambulance Gratis untuk Warga

Selasa, 25 Juli 2017, 09:16 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Kepala Jorong Panjaringan Sediakan Ambulance Gratis untuk Warga
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi melihat ambulance yang disediakan walijorong Panjaringan yang berasal dari mobil pribadi. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengapresiasi Kepala Jorong Panjaringan Kenagarian Bukik Limbuku, Kecamatan Harau yang menyediakan ambulan gratis bagi warganya. Inovasi sosial itu patut ditiru nagari dan jorong lain.

"Ambulance gratis yang disediakan Kepala Jorong Panjaringan patut diacungi jempol. Kegiatan sosial yang menjadi inovasi Kepala Jorong Panjaringan, Ujang (55) ini, hendaknya ditiru kepala jorong atau wali nagari lain," ungkap Irfendi ketika melihat langsung ambulance yang berasal dari mobil pribadi Ujang.

Sejak keberadaan mobil ambulance tersebut, masyarakat yang tertimpa musibah, sakit dan meninggal dunia tidak perlu khawatir lagi kesulitan mendapatkan pelayanan. Sebab, mobil pribadi jenis Honda Jazz milik kepala jorong yang sudah disulap jadi ambulance itu, siap melayani selama 24 jam tanpa pungutan bayaran

Dikatakan Irfendi, ini bagian dari pelayanan masyarakat. Dengan adanya ambulance di jorong tersebut, tentunya setiap warga yang membutuhkan, bisa dengan segera mendapatkan pelayanan. Lebih menggembirakannya, layanan bisa didapatkan secara gratis, khususnya buat warga miskin.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

"Ini ide cemerlang yang perlu ditularkan pada nagari atau jorong lain. Kita mengapresiasi dan berterimakasih ke Pak Ujang," ulang Irfendi.

Dengan adanya ambulance jorong ini, setiap warga yang tertimpa musibah atau sakit yang membutuhkan pertolongan medis di rumah sakit atau puskesmas, dapat ditangani secara cepat.

"Hebat sekali, setiap warga yang membutuhkan ambulance itu tinggal menghubungi kepala jorongnya. Mobil unit bidang kesehatan ini jelas sangat membantu warga," tutur Irfendi yang dianggukan sejumlah warga Penjaringan.

Dia menyebut, kepala jorong selaku perangkat nagari diharapkan terus berinovasi di segala bidang termasuk di bidang sosial seperti ambulance gratis tersebut.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

Sebelumnya, Ujang pada Irfendi mengaku berinisiatif menjadikan mobil pribadinya jadi mobil unit ambulance, menyikapi fenomena kesulitan warga yang mengalami sakit parah atau emergensi mendapatkan ambulance buat mengantarnya ke rumah sakit atau puskesmas. Ide tersebut disambut positif masyarakat, karena faktanya selama ini mereka memang tidak mudah mendapatkan layanan ambulance itu.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: