DPRD Pelalawan Belajar Sampah ke Payakumbuh

Rabu, 24 Juni 2015, 15:21 WIB | News | Kota Payakumbuh
DPRD Pelalawan Belajar Sampah ke Payakumbuh
Asisten III Pemko Payakumbuh, Iqbal Bermawi menerima plakat dari Baharudin, Ketua Pansus II DPRD Kabupaten Pelalawan Pangkalan Kerinci, Provinsi Riau berkunjung ke Kota Payakumbuh, Rabu (24/6/2015).(Humas Payakumbuh)

VALORAnews - Hampir di setiap kota dan kabupaten, masalah sampah menjadi topik yang terus menerus membebankan. Banyak kota dan kabupaten yang tidak bisa mengelola sampahnya dengan baik, berakhir dengan buruknya pengelolaan lingkungan.

Inilah yang mendasari anggota parlemen dari Kabupaten Pelalawan Pangkalan Kerinci, Provinsi Riau berkunjung ke Kota Payakumbuh, Rabu (24/6/2015). Payakumbuh dinilai berhasil dalam mengelola persampahan ini.

Rombongan yang datang itu adalah anggota Pansus II DPRD Pelalawan, diterima Walikota Payakumbuh diwakili Asisten III Setdako Iqbal Bermawi, di ruang rapat Balaikota Bukik Sibaluik.

Rombongan Pansus berjumlah 8 orang, meliputi Baharudin, ketua tim, Saniman, Sudirman, Junaidi Purba, Kasiari, Mardanis, Said Masudi dan Orpan. Tamu dinanti Asisten III Iqbal Bermawi didampingi Kepala DTRK Zulinda Kamal, Kabag Tapem Edvidel Arda, Kabag Organisasi Yasrizal serta Sekretaris DPPKA, Andri Narwan.

Baca juga: Sosper No 8 Tahun 2018, Nurfirmanwansyah: Nilai Ekonomi Sampah Belum Tergarap

Rombongan anggota DPRD Kabupaten Pelalawan, melakukan sharing informasi mengenai 3 Ranperda yang sedang dibahasnya. Yaitu Ranperda tentang Pengelolaan Sampah, Ranperda tentang SOTK Dinas dan instansi, serta Ranperda yang mengatur Pengelolaan Barang Milik Daerah.

"Namun, kami tertarik ke Kota Payakumbuh dengan Perda Pengelolaan Sampahnya. Terlebih lagi, Kota ini termasuk Kota yang menerima banyak penghargaan yang berkaitan dengan lingkungan. Kami ingin tahu, bagaimana cara kota Payakumbuh mengatur masalah sampah ini," ujar Baharudin, yang juga ketua Pansus II. (Baca: Kelola Sampah dengan Prinsip 3R)

Sebagai kota sedang yang berkembang, Payakumbuh mampu berbicara dalam ajang nasional dalam penghargaan di bidang lingkungan. "Kita juga menginginkan pengelolaan sampah seperti Payakumbuh, sampah bisa menjadi berkah bagi masyarakat," kata Baharudin. (relis)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: