Irfendi Canangkan Gerakan Literasi di Sekolah

Jumat, 16 Juni 2017, 20:32 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Irfendi Canangkan Gerakan Literasi di Sekolah
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi berdialog dengan guru dan warga setempat tentang pendirian kampung literasi di SD Negeri 01 Sarilamak-Purwajaya, Kamis (15/6/2017) pagi. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Guna mencerdaskan kehidupan Bangsa, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi melalui Dinas Pendidikan setempat mencanangkan Gerakan Literasi Sekolah Piloting tingkat Sekolah Dasar (SD) di SD Negeri 01 Sarilamak-Purwajaya, Kamis (15/6/2017) pagi.

Pada kesempatan itu, sedikitnya 14 sekolah dasar di Kabupaten Limapuluh Kota berkomitmen mewujudkan Literasi sekolah dasar piloting ini melalui pemanfaatan sudat baca di sekolah-sekolah mereka.

Panitia Pelaksana, Hendra melaporkan, kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk komitmen bersama sekolah-sekolah dasar yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota dalam mewujudkan generasi cerdas melalui budaya membaca dan menulis.

"Dengan diluncurkannya pencanangan Literasi ini di sekolah, akan sangat memotivasi kepala sekolah dan tenaga pendidik menciptakan generasi genarasi cerdas. Karena literasi ini adalah penumbuhan Budi Pekerti sehingga jadi pelajar," ujarnya.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

Dikatakan, salah satu kegiatan didalam literasi ini adalah kegiatan 15 menit membaca buku non pelajaran sebelum waktu belajar dimulai. Sehingga nantinya menumbuhkan minat baca peserta didik dan meningkatkan keterampilan membaca agar menambah pengetahuan.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada semua lapisan termasuk Pemerintah Daerah memberikan akses kepada peserta didik, agar nantinya memberikan sarana dan prasarana dalam peningkatan minat baca.

"Hendaknya semua pemangku kepentingan di bidang Pendidikan, termasuk dengan orang tua peserta didik dan masyarakat bersama sama mewujudkan gerakan Literasi Sekolah," tambahnya.

Sementara itu, Irfendi Arbi menyambut baik apa yang telah diperbuat Dinas Pendidikan dalam upaya mencipatakan generasi-genarasi Limapuluh Kota yang bermanfaat.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

"Kita ucapkan terimakasih kepada Dinas Pendidikan yang telah membuat inovasi-inovasi di Bidang Pendidikan. Kita harap, kedepan apa yang telah kita resmikan ini benar-benar dilaksanakan di sekolah demi tercipatanya generasi bangsa yang cerdas dan berilmu pengetahuan," sebutnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: