Kalau Gempa Kecil dalam Satu Blok Perlu Diwaspadai: Hari Ini Ada 5 Kali Gempabumi di Wilayah Sumatera Barat

Sabtu, 22 April 2017, 22:03 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Kalau Gempa Kecil dalam Satu Blok Perlu Diwaspadai: Hari Ini Ada 5 Kali Gempabumi di...
Sepanjang Sabtu (22/4/2017), terjadi 5 kali gempa dengan intensitas kecil hingga sedang di wilayah Sumbar. Karena, terjadi tidak dalam satu blok, BMKG Padangpanjang melansir gempa ini bukan lah sebuah gempa pendahuluan. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Gempabumi keempat berselang 18 menit dari gempabumi ketiga, gempabumi dengan kekuatan 4.0 SR ini terjadi di wilayah laut sekitar 63 km timur laut Pulau Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai, dengan koordinat gempabumi 0.63 LS dan 99.30 BT, pada kedalaman 63 km. Gempabumi dengan kedalaman menengah ini terjadi pada pukul 14:43:32 WIB. Tidak ada laporan dirasakan oleh masyarakat yang berada di sekitar episenter.

Terakhir, gempabumi kelima dengan kekuatan 2.9 SR terjadi di wilayah laut Kabupaten Pesisir Selatan tepatnya 45 km barat daya Air Haji, dengan koordinat gempabumi 2.24 LS dan 100.62 BT, pada kedalaman 10 km. Walaupun termasuk gempabumi dangkal, namun tidak ada laporan dirasakan oleh masyarakat yang berada di sekitar episenter.

Sepanjang 2016, telah terjadi 195 kejadian gempabumi di wilayah Sumatera Barat. Sebanyak 17 gempabumi di antaranya merupakan gempabumi yang dirasakan masyarakat dan satu kali kejadian gempabumi merusak yaitu pada 2 Juni 2016 yang terjadi di Pesisir Selatan. Hal ini menunjukan bahwa Wilayah Sumatera Barat memang memiliki tingkat aktifitas tektonik yang tinggi.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5.0 Goncang Mentawai, Ini Analisis Kapus Gempabumi dan Tsunami BMKG

"Sehubungan dengan kejadian lima kali gempabumi di wilayah Sumatera Barat pada hari ini, BMKG Padang Panjang mengimbau masyarakat khususnya di wilayah Sumatera Barat, agar tetap tenang dan selalu meningkatkan kewaspadaan. Karena, gempabumi setiap saat dapat terjadi dan hingga saat ini belum dapat diprediksi," tukas Rahmat. (kyo)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: