HET Gula, Minyak dan Daging Beku Ditetapkan Pemerintah: Kementrian Perdagangan Pastikan Stok Sembako Mencukupi di Padang

Kamis, 13 April 2017, 23:29 WIB | Olahraga | Kota Padang
HET Gula, Minyak dan Daging Beku Ditetapkan Pemerintah: Kementrian Perdagangan Pastikan...
Staf Ahli Menteri Perdagagan Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antarlembaga, Susanto bersama Nasrul Abit (Wagub Sumbar), Mahyeldi (Wako Padang) dan pihak terkait lainnya, saat meninjau stok Sembako di Pasar Raya Padang, Kamis (13/4/2017). (humas)

VALORAnews - Kementerian Perdagangan (Kemendag) meninjau ketersediaan sembilan bahan kebutuhan pokok (Sembako) di Kota Padang, Kamis (13/4/2017). Peninjauan ke Pasar Raya dan sejumlah distributor Sembako ini, terkait akan masuknya Ramadhan dan Idul Fitri 1438 H/2017 M.

"Klita berupaya melakukan antisipasi potensi kenaikan harga bahan pangan lebih dini, dengan mengindentifikasi ketersediaan stok Sembako. Dinas terkait juga telah kita minta untuk melakukan fungsi pengawasan atas barang beredar di masyarakat," ungkap Staf Ahli Menteri Perdagagan Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antarlembaga, Susanto di Padang.

Peninjauan ini, dilakukan bersama Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Mahyeldi Dt Marajo (Wako Padang), Benhur (Kepala Bulog Sumbar) dan pihak terkait lainnya.

Sementara, Nasrul Abit mengatakan, stok dan harga kebutuhan pokok yang ada di Sumbar dapat dipastikan aman dan stabil jelang Ramadhan dan Idul Fitri nanti. Soal harga, dipandang tak akan terlalu membebani masyarakat.

Baca juga: Pansus LKPj DPRD Sumbar Konsultasi ke Kemendagri, Direktorat FKDH Ungkap Peluang Gunakan Hak Interpelasi

Karena, Kemendag telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dengan distributor gula, minyak goreng dan daging, yang menyamaratakan untuk harga kebutuhan pokok di pasar ritel modern.

"Saat ini harga kebutuhan pokok stabil. Kedepan, yang perlu kita lakukan, menyosialisasikan ke pedagang untuk mematuhi kebijkan HET (harga eceren tertinggi), agar harapan dari kebijakan itu terwujud," harap Nasrul Abit.

"Tidak ada lagi yang menilai kenaikan sejumlah harga adanya permainan distrubutor, karena dalam kebijakan HET itu telah ditentukan harganya, jadi tinggal dipatuhi saja lagi," tegasnya.

Harga Stabil

Baca juga: REVITALISASI PASAR, Rudi Hariyansyah: Alhamdulillah, Pasar Lunang Usulan Kami ke Menteri Perdagangan Akhirnya Selesai

Data yang dihimpun dari sejumlah pedagang di Pasar Raya, untuk tingkat konsumen terungkap harga beras Rp10.500 per kilogram, gula Rp13.000 per kilogram, daging sapi Rp120.000 per kilogram, daging ayam Rp35.000 per kilogram, cabai merah Rp22.000 per kilogram, bawang merah Rp16.000 per kilogram.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: