Arief Budiman Dipercaya jadi Ketua KPU RI 2017-2021

Rabu, 12 April 2017, 22:05 WIB | Kuliner | Nasional
Arief Budiman Dipercaya jadi Ketua KPU RI 2017-2021
Salam kompak tujuh komisioner KPU RI periode 2017-2021, usai memberikan keterangan pers pada wartawan, Rabu (12/4/2017). Pleno perdana dengan agenda utama pemilihan ketua ini, berakhir sekitar pukul 19.00 WIB. (humas)

VALORAnews - Komisioner KPU RI, Arief Budiman terpilih sebagai ketua KPU RI periode 2017-2022. Arief terpilih secara musyawarah dan mufakat, dalam rapat pleno yang digelar pukul 14.00 WIB dan berakhir pukul 19.00 WIB. Rapat pleno dipimpin Komisioner KPU tertua dan termuda, yaitu Evi Novida Ginting Manik dan Ilham Saputra.

"Bapak Arief terpilih secara musyawarah dan mufakat. Beliau akan jadi dirigen yang mengatur irama agar orchestra penyelenggaraan pemilu jadi indah dan enak didengar," terang Komisioner KPU RI, Hasyim Asyari dalam jumpa pers di media center KPU, Rabu (12/4/2017) malam.

Ketua KPU terpilih, Arief Budiman mengaku optimistis, penyelenggaraan pemilu ke depan akan semakin dipercaya dan berkualitas. "Saya optimistis, karena teman-teman saya anggota KPU adalah orang yang ahli pemilu. Mereka tidak saja tahu secara literatur, tetapi juga berpengalaman dalam menyelenggarakan tahapan pemilu," terangnya.

"Dengan dukungan semua pihak, kami berkeyakinan penyelenggaraan pemilu akan semakin baik dan dipercaya," ujarnya.

Baca juga: Ini Tim Seleksi KPU Padang Periode 2024-2029

Selain memilih ketua KPU, rapat pleno perdana ini juga menetapkan unsur anggota KPU yang akan duduk di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yaitu Hasyim Asyari. Untuk pembagian divisi, masih sama dengan periode KPU 2012-2017, di mana setiap divisi terdiri dari seorang ketua dan wakil ketua divisi.

Ilham Saputra dipercaya menggawangi Divisi Teknis Penyelenggaraan dengan wakil ketua divisi Hasyim Asyari. Divisi Perencanaan, Keuangan dan Logistik diamanahkan kepada Pramono Ubaid Tanthowi dengan wakil ketua divisi Viryan.

Divisi Hukum dan Pengawasan diketuai Hasyim Asyari dengan wakil ketua Evi Novida Ginting Manik. Wahyu Setiawan dipercaya menggawangi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan wakil ketua divisi Ilham Saputra.

Viryan memimpin Divisi Humas, Data Informasi dan Hubungan Antar Lembaga dengan wakil ketua Pramono Ubaid Tanthowi. Evi Novida Ginting Manik menjadi ketua Divisi Umum, Rumah Tangga dan Organisasi dengan wakil ketua divisi Wahyu Setiawan.

Baca juga: Ini Lima Anggota KPU Padang Panjang dan Pariaman Terpilih Periode 2023-2028 serta PAW 14 Komisioner

Dalam rapat pleno tersebut, ketujuh anggota KPU juga menetapkan pembagian kordinator wilayah. Terdapat 6 (enam) wilayah kerja dengan seorang koordinator dan wakil koordinator. Komisioner KPU Wahyu Setiawan menjadi koordinator untuk wilayah Provinsi Jambi, Riau, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan dan Papua Barat dengan wakil koordinator Evi Novida Ginting Manik.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: