Eka Wirman Terima Perpres Perubahan Status IAIN Imam Bonjol Padang

Selasa, 04 April 2017, 15:41 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Eka Wirman Terima Perpres Perubahan Status IAIN Imam Bonjol Padang
Rektor UIN Imam Bonjol, Eka Putra Wirman. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Alih status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang resmi terwujud seiring terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) No 35 Tahun 2017 tentang status baru sebagai Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang.

"Perpres sudah ditandatangani Presiden Jumat (31/3/2017). Hari ini kita diundang Mensesneg, Pratikno ke Sekretariat Negara untuk menerima salinan perpres tersebut," kata Rektor UIN Imam Bonjol, Eka Putra Wirman, usai menerima peraturan pengabsahan alih status tersebut, Selasa (4/4/2017).

Bersama UIN Imam Bonjol Padang, presiden juga mengukuhkan peningkatan status lima IAIN lain menjadi UIN. Yaitu IAIN Raden Intan Lampung, IAIN Sultan Taha Saifuddin Jambi, IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, IAIN Antasari Banjarmasin dan IAIN Mataram.

"Alhamdulillah, upaya kita bersama didukung doa dan restu masyarakatn akhirnya upaya kita telah membuahkan hasil," ucap Eka.

Baca juga: UIN Imam Bonjol Kukuhkan Enam Guru Besar, Sekda Sumbar: Kekuatan Baru untuk Wujudkan Visi Misi

Dalam kegembiraannya, Eka mengajak Civitas Akademika IAIN Imam Bonjol Padang untuk bersyukur dan berterima kasih kepada banyak pihak yang telah berkorban untuk mengupayakan peningkatan status ini.

Ia juga mengapresiasi sikap civitas akademika yang sangat dewasa dalam mengatasi berbagai dinamika di internal kampus. "Tanpa partisipasi positif dari civitas mustahil keberhasilan ini bisa diraih," tukas Eka Wirman didampingi Kasubag Dokumentasi, Publikasi dan Kehumasan, Muhammad Nasir.

"Jalan yang panjang, terjal dan berliku telah dilalui. Prosedur formal dan sosial juga telah kita lakukan, sepantasnya kita bersyukur," kata Eka.

"Selain itu, kita patut berterimakasih kepada kepada para tokoh bangsa di negeri ini, yang telah mendukung alih status dan yang paling penting dukungan dari masyarakat. Semoga kehadiran UIN IB Padang dapat memenuhi harapan masyarakat dalam berbagai bidang," tambahnya.

Baca juga: Mubes Ikatan Alumni HTN UIN Imam Bonjol, Panpel: Belasan Alumni Siap Bertarung jadi Ketum

Dikatakan Eka, peningkatan status ini berarti tugas besar Civitas Akademika UIN IB Padang secara internal. "Kita harus meningkatkan kinerja, mengubah mindset untuk hasil yang lebih maksimal. Sumbar telah lama menunggu kebangkitan Minangkabau, tetutama bidang keilmuan dan ke-Islaman," paparnya. (rls/kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: