Budidaya Udang Vaname Menjanjikan, Darmawi: Massalkan Alih Teknologi

Minggu, 12 Maret 2017, 06:57 WIB | News | Kota Pariaman
Budidaya Udang Vaname Menjanjikan, Darmawi: Massalkan Alih Teknologi
Wakil Ketua DPRD Sumbar, Darmawi bersama anggota Komisi II meninjau lokasi pembuidayaan udang vaname di Gasan Gadang, Padangpariaman, Jumat (10/3/2017). (humas)

VALORAnews - Wakil Ketua DPRD Sumbar, Darmawi menuturkan, di daerah yang memiliki pesisir pantai, banyak jenis budidaya ikan yang bisa dikembangkan. Potensi ikan yang dibudidayakan tersebut, harus lah yang bernilai ekspor demi peningkatan ekonomi daerah.

"Budidaya udang Vaname ini, merupakan penerapan model budidaya yang baik. Sekali panen, bisa mendapatkan omset hingga ratusan juta rupiah," kata Darmawi, saat meninjau tambak budidaya udang vaname di Kecamatan Gasan, Kabupaten Padangpariaman bersama Anggota Komisi II berserta Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Jumat (10/3/2017).

Dia mengapresiasi langkah strategis DKP dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir. Menurut Darmawi, alih teknologi bagi masyarakat pesisir melalui program yang digagas daerah, perlu lebih masif lagi. Cara tersebut, kata dia, sangat efektif untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir secara keseluruhan.

"Alih tekonologi perlu dilakukan dengan membimbing masyarakat nelayan. Setelah edukasi dan pengandengan ini sudah dilakukan, barulah masalah pendistribusian atau pemasaran, dicarikan solusinya oleh pemerintah," tambah dia.

Baca juga: Komisi III DPRD Kepri Cari Tahu Kiat Pembangunan Infrastruktur ke DPRD Sumbar

Dikatakan Darmawi, usaha peningkatan ekonomi masyarakat pesisir pantai, tentu sejalan dengan program nasional dalam hal ini Kementerian Perikanan dan Kelautan. Soal anggaran, terang dia, kelompok usaha masyarakat yang sudah terbentuk bisa mendapatkan dana, baik dari APBD Provinsi atau Kabupaten/Kota, melalui pos dana hibah.

"Selain itu, pendanaan bisa juga didapatkan dari pihak ketiga, bekerjasama dengan investor," tukasnya.

Kepala DKP Sumbar, Yosmeri menuturkan, Tambak Udang Vaname, merupakan gagasan DKP dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan atau pesisir pantai. Untuk saat ini, kata dia, sebagai percontohan, pihaknya sudah merealisasikan tiga titik tambak dengan mengandeng investor lokal. Kedepan, program tersebut akan dilempar ke kelompok-kelompok masyarakat.

"Ini prospek bagus, menyerap tenaga kerja dan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat. Saat ini, yang jalan baru di Ketaping, Gasan Gadang. Di Pesisir Selatan, tanggal 14 Maret ini dibuka satu lagi," ujarnya.

Baca juga: Sarpras UPTD BLK dan Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II Sumbar Minimalis, Ini Kata Mochklasin

Untuk Tambak Udang Vaname di Gasan Gadang, memiliki luas 1 hektar lebih dengan delapan petak tambak. Tambak tersebut memanfaatkan air Payau. Dipilihnya jenis Vaname, karena jenis tersebut sangat unggul dan mampu bertahan hidup di air dengan kadar garam 10 termil.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: