Ketum DPP APSI Buka Diklat Profesi Advokat di IAIN Imam Bonjol Padang

Minggu, 05 Maret 2017, 17:52 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Ketum DPP APSI Buka Diklat Profesi Advokat di IAIN Imam Bonjol Padang
Ketua Umum DPP APSI, Afdal Zikri MH beserta narasumber, undangan dan peserta pelatihan advokat, foto bersama usai pembukaan PPA di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang, Sabtu (4/3/2017). (istimewa)

VALORAnews - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (DPP APSI), Afdal Zikri MH, membuka Program Pendidikan dan Pelatihan Profesi Advokat (PPPA) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang, Sabtu (4/3/2017).

"Kami mengucapkan terimakasih pada Pimpinan Fakultas Syariah IAIN Imam Bondjol yang telah bersedia bekerjasama dengan APSI, menyelenggarakan Diklat Profesi Advokat di IAIN Padang," kata Afdhal Zikri, saat membuka kegiatan pelatihan.

Ia berharap, kerjasama ini terus berlangsung dalam rangka mencetak para Advokat Syariah yang kompeten dan berintegritas serta mampu mengitegrasikan nilai-nilai ajaran Islam dalam penegakkan hukum di Indonesia.

Sebagaimana diketahui IAIN Imam Bondjol Padang telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan DPP APSI untuk menyelenggarakan Diklat Profesi Advokat dan Ujian Profesia Advokat. Untuk angkatan pertama ini, diikuti dua puluhan calon advokat yang mayoritas merupakan alumni IAIN Padang.

Baca juga: Afriendi Sikumbang Terpilih Aklamasi Pimpin IKA PMII Sumbar

Selain agenda penandatanganan MoU dan Diklat Profesi Advokat, kehadiran Ketua Umum DPP APSI juga dalam rangka melantik Dewan Pengurus Wilayah (DPW) APSI Sumatera Barat, yang diketuai Afriendi MH.

Afriendi sendiri merupakan Advokat Syariah alumni IAIN Padang dan pernah menjadi Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Barat.

Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Padang, Gatot Supramono MH yang mewakili Ketua PT memberi dukungan atas dilaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Advokat (PPPA) bagi sarjana hukum dan syariah. Dia meminta, pengacara dari APSI mampu menjadi pengacara yang andal dan menguasai seluruh lingkup peradilan.

Hakim tinggi asal Kudus, Jawa tengah ini mengusulkan panitia, menambah materi-materi pendidikan terkait hukum dan sengketa HAKI, desain insdustri dan perkara lain dibidang merek dan perdagangan. Karena, hukum tentang hal itu yang sangat berkembang saat ini.

Baca juga: Afriendi Sikumbang Lantik 16 Advokat Baru APSI Sumbar

Sementara, Ketua DPW APSI Sumatera Barat, Afriendi berharap, para alumni fakultas hukum dan syariah yang akan dididik jadi calon advokat, menjadi advokat yang mampu mewarnai penegakan hukum di wilayah Sumatera Barat.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: