Pemkab Limapuluh Kota Gelar Pra Forum Perangkat Daerah

Kamis, 02 Maret 2017, 19:42 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Pemkab Limapuluh Kota Gelar Pra Forum Perangkat Daerah
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi memberikan arahan pada pra forum perangkat daerah di aula kantor Bapelitbang, kemarin. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Untuk menajamkan pembahasan Rencana Kerja (Renja) 2018, perangkat daerah di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota menggelar pra forum perangkat daerah. Tambahan tahapan ini diharapkan dapat memantapkan perencanaan pembangunan.

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya di aula kantor Bapelitbang menyebut, acara itu dilakukan untuk memverifikasi dan menyinkronisasikan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Pembangunan Jangka Menangah Nasional (RPJMD), Program Prioritas Provinsi, hasil Musrenbang kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD.

"Tujuan pelaksanaan pra forum perangkat daerah ini, antara lain buat menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah yang tertuang dalam rancangan rencana perangkat daerah dengan RPJMD. Selain itu, untuk menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah yang tertuang dalam rancangan Renja perangkat daerah dengan RPJM dan program prioritas provinsi," ujar Irfendi.

Tujuan lainnya, pra forum perangkat daerah ini juga untuk menyelaraskan program dan kegiatan yang tertuang dalam rancangan Renja perangkat daerah dengan hasil Musrenbang RKPD di kecamatan. Berikutnya, buat menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah yang tertuang dalam rancangan renja perangkat daerah dengan pokok-pokok pikiran DPRD.

Baca juga: Dispora Gelar Forum Perangkat Daerah, Mahyeldi: Ini Wahana Strategis Koordinasi dan Singkronisasi

"Kegiatan ini juga buat menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran, mempertajam indicator serta target program dan kegiatan perangkat daerah sesuai tugas dan fungsinya. Disamping itu, untuk menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah," papar Irfendi.

Dijelaskan Irfendi, pra forum ini merupakan merupakan tahap pertama dari dua tahap yang akan dilaksanakan dalam penyempurnaan renja perangkat daerah. "Hasil yang diperoleh dalam pembahasan pra forum ini, akan jadi bahan bagi pembahasan Renja berikutnya pada forum gabungan perangkat daerah," jelas Irfendi.

Sementara, Kepala Bapelitbang Limapuluh Kota, Widya Putra kepada wartawan mengatakan, pra forum baru kini diadakan. Pra forum diharapkan dapat menyinkronkan rancangan awal perangkat daerah yang ada.

"Dengan adanya forum, maka pada Musrenbang RKPD Kabupaten Limapuluh Kota 2018 diharapkan akan terlihat jenis aspirasi dan bentuk usulan yang berkualitas," terang Widya. (rls/kyo)

Baca juga: Gagas Si Mantap, Irfendi Arbi jadi Terbaik 1 Pembina Dana Desa

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: