Anggota Dasa Wisma Bukittinggi Dibantu 10 Polibag Cabai

Senin, 13 Februari 2017, 09:39 WIB | News | Kota Bukittinggi
Anggota Dasa Wisma Bukittinggi Dibantu 10 Polibag Cabai
Ketua TP-PKK Bukittinggi, Ny Yessi Ramlan menyerahkan bantuan bibit cabai pada anggota Dasa Wisma perwakilan dari 3 kecamatan yang ada di Bukittinggi bersamaan dengan Gerakan Tanam Padi Bersama (PTS) di Kelompok Tani Sakato, Jirek, Bukittinggi, Sabtu (11/

VALORAnews - Ketua TP PKK Bukittinggi, Ny Yesi Ramlan menyerahkan masing-masing 10 polibag bibit cabai kepada 3 kelompok Dasa Wisma yang merupakan perwakilan dari 3 kecamatan yang ada di Bukittinggi bersamaan dengan Gerakan Tanam Padi Bersama (PTS) di Kelompok Tani Sakato, Jirek, Bukittinggi, Sabtu (11/2/2017).

Pembagian 6500 bibit cabai bantuan dari TP PKK Provinsi Sumatera Barat untuk Kota Bukittinggi itu, merupakan bantuan dana APBN yang pembibitannya dilakukan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sukarami.

Kepala Dinas Pertanian Bukittingi, Melwizardi mengatakan, pemberian bibit cabai gratis ini merupakan program strategis pemerintah untuk mengurangi inflasi, dan agar harga cabai tidak lagi 'pedas.'

"Dengan menanam 10 batang cabai di halaman rumah akan dapat memenuhi kebutuhan keluarga," ujarnya.

Baca juga: Galeri Pelangi Kampung Mandiri Nagari Sitalang Gelar Pelatihan Pembuatan Kampie

Sementara, Yesi Ramlan mengatakan, program gerakan menanam cabai ini merupakan upaya pemerintah mendukung ketahanan pangan, untuk penguatan ekonomi keluarga dan merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Gubernur Sumatera Barat yang meminta setiap masyarakat menanam cabai dipekarangannya.

Yesi berharap, masing-masing anggota Dasa Wisma setiap kelurahan di Bukittinggi, menanam cabai dipekarangannya dan merawat dengan baik. Nantinya, tidak selalu mengharapkan bantuan pemerintah tetapi dengan membudidayakan sendiri.

"Di samping anjuran untuk menanam cabai di pekarangan masing-masing, kami mengimbau ke seluruh kader PKK dan kelompok Dasa Wisma, agar juga menanam selederi, daun bawang, tomat dan bawang merah," tambahnya.

Ketika ditanyakan tentang sistem pendistribusiannya, Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pertanian, Ardiwan Azis mengatakan, "Bagi masyarakat yang belum mendapatkan bibit cabai nantinya bisa menghubungi Kantor Kecamatan atau Kelurahan, apabila bantuan tersebut tidak mencukupi kita juga telah menyiapkan melalui penganggaran dana APBD disamping itu untuk pemanfaatan lahan pekarangan nantinya kita juga menyiapkan bibt sayur-sayuran dan bawang."

Baca juga: Aplikasi e-Dasawisma jadi Program Inovasi TP PKK Agam dan Diskominfo

Selain pemberian bibit, juga akan dilakukan sosialisasi tentang cara tanam dan merawat agar tumbuh dengan buah lebat dan hasil yang memuaskan tanpa hama penyakit. (rls/ham)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: