Catatan Emas Prestasi Smart Ekselensia Indonesia 2016

Sabtu, 28 Januari 2017, 17:24 WIB | Kabar Daerah | Nasional
Catatan Emas Prestasi Smart Ekselensia Indonesia 2016
Proses wisuda siswa yang menuntut ilmu di Smart Ekselensia Indonesia, sekolah berasrama yang bertempat di Parung, Bogor. (istimewa)

VALORAnews - Smart Ekselensia Indonesia (Smart) sudah lama dikenal sebagi salah satu sekolah berprestasi. Sejak didirikan 2004 lalu, berbagai prestasi diraih sekolah berasrama yang bertempat di Parung, Bogor. Tahun 2016, catatan prestasi Smart kembali bertambah.

General Manager Smart, M Syafei menuturkan prestasi yang diperoleh SMART sepanjang 2016. Smart mengikuti Olimpiade Sains Nasional di beberapa mata pelajaran. Di tingkat SMP, Smart berhasil mengirimkan perwakilan di mata pelajaran IPS sebagai perwakilan Kabupaten Bogor ke tingkat Provinsi Jawa Barat. Di tingkat SMA, Smart jadi perwakilan Kabupaten Bogor untuk bertanding di tingkat provinsi dalam mata pelajaran astronomi dan kebumian.

Selain dalam bidang akademik, Smart juga menorehkan prestasi di bidang olahraga dan kesenian. "Selain OSN, Smart juga mengikuti O2SN yaitu olimpiade di bidang olahraga dan seni. Di O2SN, SMART berhasil mendapatkan emas di tingkat kabupaten untuk cabang olahraga silat dan atletik. Dengan itu, Smart berhasil mewakili Kabupaten Bogor, bertanding di tingkat provinsi," ujar M Syafei.

Prestasi yang diraih Smart bukan hanya datang dari siswa-siswanya, guru-guru Smart juga mencatatkan beberapa prestasi di 2016. "Tiga guru Smart terpilih menjadi instuktur untuk pelatihan guru tingkat kabupaten dan nasional. Dua orang terpilih menjadi instruktur tingkat kabupaten atas nama Rubi Purwanto dan Nurhayati," terangnya.

Baca juga: Agam Raih Penghargaan Kategori Spesial ISNA 2024

"Kemudian satu orang yang terpilih menjadi instruktur tingkat nasional atasnama Ulfi Ukhrowati. Mereka secara berkala diminta oleh Dinas Pendidikan mengisi pelatihan di Kabupaten untuk instruktur tingkat kabupaten, dan untuk instruktur tingkat nasional akan mengisi pelatihan guru minimal tingkat provinsi," tambah pria yang kerap disapa Ustadz Syaf ini.

Selain itu, di 2016 Smart berhasil melaksanakan even yang bersifat nasional, yaitu Olimpiade Humaniora Nusantara (OHARA) yang ke-7. Peserta OHARA datang dari berbagai daerah di Indonesia, salah satunya dari Kalimantan. Even lainnya yang berhasil dilaksanakan oleh SMART adalah lomba kepramukaan "Lomba Pramuka Penggalang" atau LP3.

Tahun 2016 merupakan tahun ke-2 pelaksanaan perlombaan pramuka se-Jawa Barat. Rencananya di tahun 2017 SMART akan kembali melaksanakan OHARA dan kegiatan baru yang bertema kepemimpinan.

Untuk Tahun Akademik 2017, SMART kembali membuka penerimaan siswa baru dengan kuota terbatas. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Pendamping Program Pendidikan Dompet Dhuafa Singgalang, Amrullah, di nomor kontak : 0853 6654 5405. (rls/vri)

Baca juga: 7 Website Penghasil Uang Terbukti Membayar Desember 2023, Misi Survey Hingga Nonton Video

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: